Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2019, 20:17 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Setiap mempelai wanita, pasti ingin tampil bak ratu sehari. Semuanya tentu harus sempurna, mulai dari riasan hingga gaun pengantin yang anggun dan glamor.

Busana pernikahan, baik gaun atau pun kebaya, biasanya memang hanya dipakai sekali pada saat acara akad nikah atau pun resepsi.

Itu sebabnya kebanyakan calon pengantin memilih menyewa saja ketimbang membuat baru dengan harga jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Walau begitu, tak sedikit calon pengantin yang ingin membuat khusus karena ingin menyimpan gaun tersebut sebagai kenangan peristiwa penting sekali seumur hidup.

Menurut Marketing Senior Evabun Bridal, Aas, keputusan untuk membuat khusus atau menyewa sebenarnya tergantung pada masing-masing orang.

“Sebenarnya tergantung kebutuhan setiap orang, kalau mau yang hak milik, setelah dipakai paling cuma bisa disimpan untuk dikoleksi," kata Aas yang ditemui di pameran Jakarta Wedding Festival 2019 di JCC Jakarta.

Ia mengatakan, saat ini sebenarnya calon pengantin yang menyewa busana pengantin juga bisa melakukan custom dengan harga yang lebih terjangkau.

Mayoritas pengantin yang memakai gaun dengan mode bergaya internasional memang biasanya memilih menyewa.

“Selama saya 15 tahun saya bekerja di bidang ini, konsumen yang melakukan transaksi menjadi hak milik, itu tidak sampai 10 orang. Selebihnya sewa, karena memang untuk dipakai sekali," kata Dian dari Yohanes Bridal.

Baca juga: Tren Souvenir Pernikahan yang Ramah Lingkungan

Seperti halnya tren busana, menurut Aas, gaun pengantin juga akan memiliki perubahan tren setiap tahun. Sehingga jika membuat khusus dan menyimpannya belum tentu akan terpakai.

"Enggak mungkin juga untuk dipake ke anaknya atau cucunya karena pasti sudah beda model lagi tiap tahunnya,” katanya.

Alasan nostalgia biasanya dipilih calon pengantin yang membuat khusus gaun baru.

“Meskipun enggak dipakai di resepsi pernikahan, setidaknya bisa dipakai untuk pemberkatan,” kata tim marketing Kara Brides, Mimi, kepada Kompas.com.

Pesta pernikahan yang digelar orang Indonesia biasanya memang digelar mewah dengan mengundang banyak tamu. Calon mempelai pun harus menyiapkan dana tidak sedikit, termasuk untuk bujet busana pernikahan.

Untuk sewa gaun pernikahan, calon pengantin bisa mendapatkannya mulai dari harga satu juta rupiah. Sementara untuk membuat gaun dengan potongan sederhana, siapkan dana minimal tiga juta rupiah. (Rahayu Kurnia Kinasih).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com