Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Hapus Sisa Makeup, Wanita Ini Temukan Kutu di Bulu Matanya

Kompas.com - 06/09/2019, 12:18 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Walau banyak wanita senang berdandan, namun menghapus riasan wajah seringkali malas untuk dilakukan. Apalagi jika kita sudah melalui hari yang panjang dan melelahkan. Tidur dengan riasan wajah rasanya menjadi pilihan yang lebih praktis.

Membersihkan wajah sebelum tidur sebenarnya adalah hal yang wajib. Jika dibiarkan, kotoran dan sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori wajah sehingga memicu munculnya peradangan dan jerawat.

Kebiasaan malas menghapus makeup ternyata bisa berefek lebih buruk. Oriental Daily melaporkan, seorang perempuan berusia 32 tahun dari Provinsi Hubei, Cina, mengalami mata gatal dan kering, bersamaan dengan kerontokan bulu mata selama enam bulan terakhir.

Setelah berkonsultasi ke dokter, perempuan itu baru mengetahui bahwa ada tungau tinggal pada bulu matanya.

Menurut situs Healthline, tungau atau kutu sangat kecil tersebut disebut tungau Demodex. Mereka hidup dengan makan sel-sel kulit mati pada folikel rambut. Tungau Demodex ada pada setiap orang, namun jumlahnya sangat sedikit.

Kutu tersebut bisa menjadi masalah ketika ada pada jumpah yang besar sehingga bisa menimbulkan masalah kulit serius.

Dokter kemudian memeriksa bulu mata perempuan tersebut menggunakan mikroskop dan menemukan ada banyak kutu merangkak pada bagian akar bulu mata perempuan tersebut, tepatnya pada kelenjar minyak.

Baca juga: Bulu Mata Makin Menipis di Usia 30-an

Dokter kemudian bertanya mengenai kebiasaan penggunaan riasan wajah perempuan tersebut. Karena kesibukan kerja yang padat, perempuan tersebut tidak membersihkan riasan wajahnya dengan benar.

Hasilnya, tungau tumbuh subur di bulu mata perempuan tersebut.

"Tidak heran mengapa pada enam bulan terakhir mataku selalu terasa kering dan gatal, bulu mataku juga mudah rontok," kata perempuan tersebut.

Dokter kemudian menyarankan perempuan itu untuk membersihkan riasan wajah secara menyeluruh untuk mengurangi kemungkinan tungau yang ada di bulu matanya makin banyak. Jika kondisinya semakin parah dan tidak tertangani, waktu pemulihan juga akan semakin panjang.

Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan luka pada permukaan mata. Lebih jauh, sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan benar juga bisa memicu munculnya penyakit mata seperti peradangan kelopak mata dan infeksi pada membran mata.

Menyeramkan, ya. Untuk kamu yang sering menggunakan riasan wajah, jangan lupa untuk rutin membersihkannya secara menyeluruh sebelum tidur.

Baca juga: Kapan Maskara dan Spons Make Up Harus Diganti?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com