Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Berusia 40 Tahun

Kompas.com - 03/07/2020, 07:39 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Saat masih remaja hinggg usia 20 tahun, kita mungkin bisa merasa bebas makan apapun tanpa kenaikan berat badan yang signifikan.

Sayangnya setelah menginjak usia 40 tahun, meski sudah mengatur pola makan dengan diet, namun berat badan tetap saja lebih mudah bertambah.

Hal ini terjadi bukan hanya karena tubuh kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia, namun juga karena metabolisme yang tidak sebaik dulu.

Menurut Fatima Stanford, MD, MPH, ilmuwan kedokteran obesitas di Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School, ada banyak faktor yang memengaruhinya.

Faktor lain yang juga memberi pengaruh terhadap kenaikan berat badan di usia 40 tahun adalah gaya hidup, makanan, faktor bilogi dan juga kebiasaan tidur.

Kabar baiknya, ada beberapa cara untuk mengatasi kenaikan berat badan dan mendapatkan kembali tubuh idealmu.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, apakah kenaikan bobot tubuh ini terjadi karena penurunan testosteron? Terkait hal ini, Dr. Stanford memberi jawabannya.

“Ketika pria mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, mereka cenderung memiliki penurunan testosteron yang mengarah pada penurunan energi dan lebih banyak retensi jaringan adiposa," katanya.

Kelebihan jaringan adiposa mendorong testosteron turun

"Itu bukan masalah yang mendasarinya. Setelah kita menormalkan berat, testosteron menjadi normal," jelasnya.

Nah, daripada kamu menyalahkan testosteron, lebih baik simak lima cara untuk turunkan berat badan di usia 40 tahun.

1. Jangan memaksakan diri untuk melakukan diet yang sedang tren

"Ada banyak pola makan yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan," kata William Samuel Yancy, M.D., direktur Pusat Diet dan Kebugaran Duke dan profesor kedokteran di Duke University.

Namun perlu dicatat, pada usia di atas 40 tahun, kita sebaiknya menghindari diet yang ekstrim dan menjanjikan penurunan berat badan secara drastis.

“Untuk pria di atas 40 tahun, pilihannya bisa diet sederhana seperti mempersingkat waktu makanmu ke rentang waktu 8-10 jam sehari," kata Kristin Kirkpatrick, RDN, konsultan untuk Pengobatan Integratif dan Gaya Hidup untuk Klinik Cleveland.

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com