Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2021, 10:12 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

KOMPAS.com - Saat berada di bawah sinar matahari kita cenderung berkeringat karena sengatan panasnya. Tapi bagaimana dengan hewan?

Ternyata, sama seperti manusia, hewan juga bisa berkeringat. Para pemilik hewan peliharaan perlu memahami hal ini.

Hewan peliharaan seperti kucing dapat berkeringat saat merasakan panas dari sinar matahari. Namun caranya berbeda dengan manusia.

"Seperti anjing, kucing memiliki kelenjar keringat di bagian bawah bantalan kakinya. Ini dapat memberikan pendinginan pada tubuhnya," kata dokter hewan Kim Haddad, DVM.

Akan tetapi, kucing tidak memiliki teknik yang bagus untuk termoregulasi ketika merasakan panas. Hal ini dapat membuat kucing terengah-engah saat kepanasan.

Kelenjar keringat kucing tidak melakukan banyak hal untuk membuat kucing tetap dingin ketika berkeringat.

Jika kucing hanya berada di dalam ruangan, mungkin keringat kucing hanya terlihat dari jejak kakinya, itu pun jika sedang dalam berada kondisi tegang.

Baca juga: Alasan Kucing Punya Perut Buncit, Bukan Karena Obesitas

Menurut Haddad, kucing akan berkeringat saat merasa cemas. Hewan berkumis itu bisa juga mengeluarkan keringat saat berada di bawah sinar matahari.

Tapi, karena kelenjar keringat tidak banyak melindunginya dari sengatan panas, kucing akan lebih memilih tempat teduh untuk mendinginkan diri.

"Untuk mendinginkan diri, kucing sedikit berkeringat di bantalan kakinya. Kucing juga akan menjilat bulunya, minum air, dan berada di tempat teduh," kata dokter hewan Theresa Entriken, DVM.

Dia menambahkan, kucing biasanya juga berbaring di permukaan yang dingin untuk melepaskan panas dari tubuhnya.

Oleh karenanya, penting bagi pemilik kucing untuk mengetahui ciri jika hewan peliharaannya sedang mengalami sengatan panas.

Baca juga: 11 Hal yang Cuma Dipahami Pemilik Kucing

Kucing berjemur di sinar matahari pagiPixabay/4547 Kucing berjemur di sinar matahari pagi
American Animal Hospital Association mengatakan, sengatan panas pada hewan peliharaan dapat terjadi jika suhu tubuhnya naik di atas kisaran 37-39 derajat Celsius.

Walaupun berada di dalam ruangan, kucing tetap berisiko terkena sengatan panas jika rumah tidak memiliki ventilasi yang baik.

Ciri-ciri kucing kepanasan ialah lidah berwarna merah cerah, gusi merah tua atau pucat, mulut mengeluarkan cairan, perilaku cemas, dan terengah-engah.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com