Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taina Angel Buktikan Peselancar Perempuan juga Punya Kemampuan Lebih Baik

Kompas.com - 19/07/2022, 15:41 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini selancar atau surfing dikenal sebagai salah satu olahraga yang tergolong ekstrem dan cenderung didominasi oleh kaum laki-laki.

Meski demikian, tak jarang juga banyak perempuan yang sebenarnya menyukai dan menggeluti olahraga ini seperti peselancar sekaligus atlet nasional, Taina Angel Izquierdo.

Mulai berselancar sejak usia 8 tahun, perempuan blasteran Indonesia-Puerto Rico itu bahkan telah mengikuti kejuaraan selancar di El Salvador, Amerika Tengah, pada tahun 2021.

Kepada Kompas.com, dara berusia 20 tahun itu pun berbagi mengenai tantangan menjadi peselancar perempuan yang kerap dipandang sebelah mata.

"Dulu setiap kali main di Bali, saya benar-benar kurang dihargai sebagai peselancar," katanya saat ditemui dalam peluncuran kampanye terbaru Rip Curl di Pondok Indah Waterpark, Jakarta Selatan, Sabtu (16/7/2022).

"Hal itu disebabkan karena masih banyak laki-laki yang memandang kami ini ke bawah."

"Tapi sekarang, mereka sudah bisa melihat kalau kami juga ternyata memiliki kemampuan yang sama dan mereka jadi lebih suportif ke perempuan," terang dia.

Menurut Taina, saat ini sudah semakin banyak peselancar perempuan yang bisa ditemui di Indonesia, terutama di Bali.

Beberapa dari mereka juga bermain sangat bagus dan ada yang menjadi atlet seperti dirinya.

Peselancar dan atlet nasional, Taina Angel Izquierdo, saat ditemui dalam peluncuran kampanye terbaru Rip Curl di Pondok Indah Waterpark, Jakarta Selatan, Sabtu (16/7/2022).KOMPAS.COM/RYAN SARA Peselancar dan atlet nasional, Taina Angel Izquierdo, saat ditemui dalam peluncuran kampanye terbaru Rip Curl di Pondok Indah Waterpark, Jakarta Selatan, Sabtu (16/7/2022).
"Sekarang ada banyak perempuan yang main lebih bagus daripada laki-laki. Jadi itu adalah perkembangan yang sangat bagus dan harapannya lebih banyak perempuan yang tidak takut untuk berselancar," ujarnya.

Meningkatkan kesehatan mental

Di samping untuk berolahraga dan berkompetisi, selancar juga ternyata memberikan dampak yang lebih positif bagi Taina, yaitu meningkatkan kesehatan mentalnya.

Taina pun mengungkapkan bahwa awal mula dirinya terjun di dunia selancar karena dia bisa merasa lebih bahagia dan percaya diri.

"Saya mulai berselancar itu karena seru, bisa having fun, dan membuat kesehatan mental saya menjadi lebih baik," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa semua orang bisa belajar berselancar karena ini adalah olahraga atau kegiatan yang baik untuk melepas stres.

"Untuk bisa selancar kita harus percaya diri dan harus beneran improve."

"Apalagi beraktivitas di luar ruangan itu bisa bikin kesehatan mental kita jauh lebih baik. Kalau kita di alam, tubuh kita bergerak dan kesehatan mental kita bakal jadi lebih baik," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com