Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Pangeran William dan Harry Tak Lagi Dipajang di National Portrait Gallery

Kompas.com - 22/06/2023, 13:47 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Lukian yang menampilkan Pangeran William dan Pangeran Harry kini tak lagi dipajang di National Portrait Gallery, Inggris.

Galeri seni tersebut memang tengah dalam proses renovasi selama tiga tahun belakangan, termasuk melakukan kurasi ulang untuk koleksinya, sebelum dibuka lagi kembali untuk publik.

Potret anak-anak Putri Diana itu dikabarkan diputuskan untuk diturunkan karena perseteruan panjang keduanya yang agaknya belum juga berakhir.

Baca juga: Kronologi Keretakan Hubungan Pangeran William dan Pangeran Harry

Padahal foto tersebut langsung menjadi favorit pengunjung ketika pertama kali ditampilkan pada tahun 2010 lalu.

Artist Nicky Philipps stands with her work, Prince William and Prince Harry: a new portrait by Nicky Philipps at the National Portrait gallery in central London, on January 6, 2010. The painting is the first double portrait of the royal brothers and was commissioned by the gallery. AFP PHOTO/Leon Neal (Photo by LEON NEAL / AFP)LEON NEAL Artist Nicky Philipps stands with her work, Prince William and Prince Harry: a new portrait by Nicky Philipps at the National Portrait gallery in central London, on January 6, 2010. The painting is the first double portrait of the royal brothers and was commissioned by the gallery. AFP PHOTO/Leon Neal (Photo by LEON NEAL / AFP)

Lukisan tersebut dianggap sukses menampilkan kedekatan keduanya dengan menonjolkan karakter masing-masing.

Dalam karya pelukis Nicola Philipps itu, adik kakak ini mengenakan pakaian resmi kerajaan dengan selempang dan emblem resmi.

Baca juga: National Portrait Gallery Pamerkan Sisi Lain Selebriti

"Keputusan yang berkaitan dengan potret yang dipamerkan di National Portrait Gallery dibuat oleh tim kuratorial galeri," terang juru bicara galeri foto tersebut, menanggapi rumor itu.

"Dengan lebih dari 250.000 potret dalam koleksi kami, kami hanya dapat menampilkan sebagian kecil di dalam gedung kami."

"Namun sebagai salah satu koleksi potret terbesar dan terpenting di dunia, kami secara rutin meminjamkan dan melakukan tur karya kami, baik secara nasional maupun internasional," tambah juru bicara tersebut.

Baca juga: Ilmu Parenting Pangeran William dan Kate Middleton di Penobatan Raja Charles

Foto tersebut terakhir terlihat di galeri pada Agustus 2018 sebelum dimasukkan dalam koleksi yang ikut serta dalam tur pameran Tudors to Windsors di tahun 2021.

Pihak National Portrait Gallery memang tidak secara eksplisit membenarkan rumor soal lukisan tersebut.

Namun sepertinya keputusan tersebut dilakukan agar karya seni itu tidak menjadi pengingat yang menyakitkan akan keretakan keluarga Kerajaan Inggris.

Terlebih lagi, kini Pangeran William berstatus sebagai pelindung National Portrait Gallery, selain juga pewaris takhta Inggris.

Istana Kensington sendiri membantah jika ketiadaan lukisan tersebut atas permintaan pihak mereka.

Baca juga: Pangeran Harry Dikabarkan Punya Kamar Pelarian dari Meghan Markle

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com