Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Munculnya Rasa Insecure, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 04/07/2023, 10:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merasa insecure atau kurang percaya diri bisa terjadi pada siapa saja yang menyebabkan keraguan pada diri sendiri.

Baik itu tentang hubungan, penampilan, hingga kemampuan finansial, rasa insecure dapat muncul dan mungkin akan berdampak buruk bila terjadi dalam jangka panjang.

"Insecure adalah perasaan yang sulit untuk dijalani karena dapat membuat kita merasa tidak yakin dengan diri sendiri dan terus-menerus mempertanyakan nilai kita."

Demikian kata seorang psikolog klinis dan profesor di Yeshiva University, Sabrina Romanoff, PsyD.

Baca juga: 6 Zodiak yang Paling Sering Merasa Insecure, Apa Saja?

Menurut American Psychological Association, rasa insecure juga dapat membuat kita sulit mempercayai orang lain, menjalin hubungan yang sehat, percaya diri dengan kemampuan kita, dan meraih tujuan kita.

Hal itu menyebabkan kita sulit menjadi diri sendiri dan terus-menerus merasa gugup, cemas, atau ragu-ragu.

Nah, untuk menyelami lebih dalam mengenai insecure, berikut penjelasannya lebih lanjut, seperti dilansir dari Very Well Mind.

Ciri-ciri orang insecure

Menurut Romanoff, kita bisa melihat apakah orang insecure atau tidak melalui ciri-ciri tertentu.

Orang insecure cenderung ragu dan tidak yakin dengan diri sendiri, mempertanyakan hubungannya, khawatir akan ditinggalkan, merasa kurang sesuai dengan lingkungan sosial, terobsesi pada kekurangan, serta terlalu sensitif terhadap kritik

Sebaliknya, orang yang tidak insecure biasanya merasa lebih percaya diri, memiliki rasa harga diri yang sehat, memercayai naluri, merasa aman dalam hubungan, tidak bergantung pada orang lain, dan tidak takut untuk meraih apa yang diinginkan.

Penyebab rasa insecure

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan orang merasa insecure, seperti:

Baca juga: 7 Tanda Kamu Insecure dengan Hubungan

• Trauma masa kecil

Pengalaman masa kecil yang traumatis seperti diintimidasi, dianiaya, diabaikan, atau dilecehkan oleh pengasuh dapat membuat kita merasa tidak cukup baik.

Hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan menyebabkan kita merasa tidak aman karena kita mungkin tidak percaya bahwa kita layak mendapatkan cinta atau dukungan dari orang lain.

Ilustrasi insecureShutterstock Ilustrasi insecure
• Hubungan yang tidak sehat

Berada dalam hubungan di mana kita diperlakukan dengan buruk oleh teman, anggota keluarga, kolega, atau pasangan romantis dapat membuat kita sulit mempercayai orang lain.

Lebih buruk lagi, hal ini dapat membuat kita sulit mempercayai naluri kita tentang apakah orang lain dapat dipercaya atau tidak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com