Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2023, 13:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pemilik hewan peliharaan seperti anjing, terkadang kita tidak mengetahui banyak tentang sahabat berbulu yang satu ini.

Selain mainan atau camilan favorit, anjing ternyata memiliki preferensi dalam menggunakan kakinya saat beraktivitas.

Menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan di Laterality, beberapa anjing memiliki kaki dominan yang dipakai untuk melakukan tugas-tugas tertentu seperti berjalan menuruni tangga, meraih camilan, dan memegang mainan.

Studi ini menemukan, anjing kemungkinan besar lebih sering menggunakan satu kaki secara spesifik daripada menggunakan keduanya (ambidextrous).

Hal itu ditunjukan dalam studi melalui angka sebesar 68 persen yang memperlihatkan anjing bisa lebih dominan menggunakan kaki kiri atau kanan.

Dan preferensi tersebut diyakini bervariasi dari satu anjing ke anjing lainnya. Bahkan, ada banyak populasi anjing yang sebagian besar kidal atau cenderung lebih baik menggunakan kaki kiri.

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Cocok untuk Menjaga Rumah

Cara mengetahui kaki yang dominan dipakai anjing

Setiap anjing memiliki preferensi kaki yang bervariasi, tergantung pada tugas yang dihadapi.

Satu studi menemukan, ketika menggunakan bola berbentuk kerucut untuk memberikan camilan, terdapat distribusi preferensi kaki yang kurang lebih sama, dengan beberapa anjing lebih menyukai kaki kiri, kanan, atau keduanya.

Di sisi lain, untuk tugas yang berulang, seperti diminta untuk memberikan kaki kepada pemiliknya, anjing tampaknya memiliki preferensi kaki yang lebih spesifik daripada menampilkan respons ambidextrous.

Penelitian lain juga menjelaskan peran jenis kelamin dalam hal preferensi kaki.

Secara umum, anjing betina lebih cenderung memilih kaki kanan, sedangkan anjing jantan lebih cenderung menggunakan kaki kiri.

Tetapi mengapa penting untuk mengetahui kaki mana yang disukai hewan peliharaan kita?

Menurut salah satu studi yang termasuk dalam penelitian terbaru, preferensi kaki adalah alat yang berguna untuk menilai fungsi emosional dan kesejahteraan psikologis, baik pada anjing maupun kucing.

Sisi kiri otak anjing bertanggung jawab untuk memproses emosi positif, sementara sisi kanan memprioritaskan perasaan negatif seperti kecemasan.

Jadi memperhatikan kaki mana yang disukai anjing peliharaan kita dapat memberikan wawasan tentang perasaannya secara emosional.

Baca juga: 15 Fakta Menarik tentang Orang Kidal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com