Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Botak dengan Kaki ke Belakang Jadi Anjing Terjelek di Dunia 2023

Kompas.com - 26/06/2023, 09:31 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Seekor anjing Chinese Crested dengan kepala botak berkaki menghadap ke belakang dinobatkan sebagai "Anjing Terjelek di Dunia".

Scooter -nama anjing tersebut, yang kini berusia 7 tahun memenangi penghargaan tertinggi pada kontes anjing terjelek tahunan yang diadakan di Sonoma-Marin Fair di Petaluma, California, Amerika Serikat, Jumat lalu (23/6/2023).

Kabar ini sangat menggembirakan pemiliknya, Linda Celeste Elmquist, seperti dilaporkan laman Today.

Scooter - yang lidah merah mudanya sering menjulur keluar- diadopsi Elmquist tujuh bulan yang lalu, setelah pemilik sebelumnya tidak dapat lagi merawatnya.

Baca juga: 10 Aktor dengan Bayaran Tertinggi di Dunia, Siapa Juaranya?

Kemunculannya menjadi terkenal terjadi setelah Scooter dihadapkan pada kemungkinan eutanasia.

Terlahir dengan kelainan bentuk yang menyebabkan kedua kaki belakangnya menghadap ke belakang, seorang peternak membawa Scooter untuk disuntik mati di Tucson, Arizona.

Untungnya, kelompok penyelamat Saving Animals From Euthanasia (SAFE), di mana Elmquist menjadi bagian di dalamnya, turun tangan untuk menyelamatkan nyawanya.

Menurut biografinya di situs web Sonoma-Marin Fairgrounds, pada awalnya ada keraguan bahwa Scooter akan bisa merangkak atau berjalan sendiri.

Namun, ia segera membuktikan bahwa keraguan itu salah dengan berimprovisasi dan menggunakan kekuatan kaki depannya untuk mendorong dirinya ke depan, meskipun kerap bergoyang.

Baca juga: 7 Ras Anjing Menggemaskan yang Bulunya Tidak Mudah Rontok

Elmquist mengatakan kepada Today, Scooter hanya duduk dengan kaki yang menghadap ke belakang setiap kali ia merasa lelah, yang ia gunakan seperti tripod.

Namun, bertahun-tahun mengandalkan kaki depannya membuat Scooter kini membutuhkan bantuan untuk bergerak.

Seperti yang diuraikan dalam biografinya, Scooter menggunakan gerobak beroda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Alat tersebut dibeli dengan dana yang disumbangkan oleh teman-teman dan kelompok-kelompok penyelamat.

Terlepas dari kelainan bentuknya, Elmquist mengatakan, pemegang gelar "Anjing Terjelek di Dunia" ini sama seperti anjing-anjing lainnya, kecuali kesukaannya pada sosis Braunschweiger.

Scooter adalah pemenang terbaru dari kompetisi unik yang telah berlangsung selama 50 tahun ini.

Menurut situs web dari gelaran tersebut, acara ini bertujuan untuk merayakan "ketidaksempurnaan yang membuat semua anjing menjadi istimewa dan unik".

Para kontestan biasanya berasal dari tempat penampungan penyelamatan dan anak anjing.

Juara tahun lalu, seekor Chihuahua berusia 17 tahun yang dinamai Mr. Happy Face, juga diadopsi setelah diselamatkan dari rumah penimbun dan berakhir di tempat penampungan di Arizona.

Baca juga: Kisah Haru Mr. Happy Face, Anjing Terjelek di Dunia Tahun 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com