Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2023, 07:16 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

 

KOMPAS.com - Senyum manis yang sering tersungging di wajah kita ternyata berdampak positif bagi kesehatan emosional. Selain membuat kita terlihat lebih ramah, menarik dan percaya diri, senyum juga bisa menandakan kesehatan gigi dan mulut. 

Sayangnya, senyum yang kita miliki akan berubah dari waktu ke waktu. Setidaknya ini adalah tiga hal yang menjadi penyebabnya:

1. Volume berkurang
Ketebalan dan volume bibir akan berkurang seiring usia. Ini adalah hal yang alami dalam proses penuaan dan terkait dengan penurunan alami kadar kolagen, lemak, dan humektan di bawah kulit.

Saat produksi alami itu mulai berkurang, kulit akan kehilangan kekenyalannya.

Kita dapat membuat bibir terlihat lebih "penuh" sementara dengan lip balm atau produk bibir lainnya. Kebanyakan produk semacam itu memakai bahan yang dapat menimbulkan respon inflamasi. Iritasi lokal untuk sementara waktu ini dapat menyebabkan bibir tampak lebih penuh karena meningkatnya sirkulasi ke area tersebut.

Untuk efek yang lebih panjang durasinya, gunakan produk bibir yang mengandung hyaluronic acid karena punya kemampuan menarik dan mengikat air di epidermis. Efeknya bibir pun terlihat lebih bervolume.

Baca juga: 18 Makanan yang Dapat Mendorong Produksi Kolagen

2. Kulit mudah terkelupas
Kulit akan lebih gampang kering saat kita menua karena berkurangnya struktur yang penting yaitu protein, lipid, dan humektan yang secara alami ada di kulit.

Ketika penurunan itu terjadi, pelindung alami kulit kita tidak mampu lagi menahan air dengan maksimal sehingga kulit akan lebih sulit terasa lembut dan kenyal seperti sebelumnya.

Solusi yang bisa dilakukan adalah lebih rajin menggunakan pelembab bibir. Pilih produk yang mengandung humektan, emolien, dan bahan oklusif sehingga lebih terjaga kelembabannya.

3. Garis bibir menjadi samar
Garis bibir, area kulit yang memisahkan bibir dengan bagian wajah secara keseluruhan, kehilangan ketajamannya seiring waktu.

Hal ini terutama karena formasi dari garis bibir yang banyak bergerak karena gerakan berbicara atau mengunyah dan makin lama timbul kerutan.

Kita mungkin menyadari pudarnya garis ini ketika menggunakan lipstik yang lebih sering keluar ke bagian kulit di luar bibir.

Untuk menyamarkan keriput di bagian pinggir bibir, gunakan pelembab lebih sering karena kulit kering membuat wajah terlihat lebih tua. Selain itu lindungi dengan tabir surya.

Sementara itu, untuk mengembalikan kondisi garis bibir kita butuh intervensi yang lebih efektif. Misalnya saja memakai eksfoliasi bibir dengan formula AHA untuk mempercepat pergantian sel, serta kandungan pelembab untuk menyamarkan kerutan.

 Baca juga: Melawan Tanda Penuaan dengan Retinol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com