Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saling Berkirim Meme Lucu untuk Jaga Persahabatan

Kompas.com - 11/09/2023, 08:16 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Menjaga ikatan persahabatan terkadang tidak butuh usaha yang berlebihan. Hal kecil dan sesederhana mengirim meme lucu pun bisa membuat kita saling terhubung.

Dalam banyak persahabatan yang kuat, selalu ada rasa saling pengertian yang setara, terkadang tak perlu diucapkan kata-kata.

Psikolog Andrea Bonior menyebutkan, di masa pandemi yang lalu, saling bertukar koleksi meme lucu dengan teman terbukti bisa menjaga persahabatan saat susah untuk bertemu.

Meme juga terkadang menjadi bentuk dukungan untuk melalui masa yang sulit, sebagai cara komunikasi untuk memastikan si teman itu tahu kita memikirkannya.

"Terkadang kita berpikir harus melakukan upaya besar-besaran untuk menjaga persahabatan, padahal kenyataannya hal-hal kecillah yang paling berarti,"kata Bonior.

Baca juga: Hindari, 9 Kebiasaan Menjengkelkan yang Bisa Merusak Persahabatan

Melakukan interaksi yang lebih kecil dan singkat dapat membuat segala sesuatunya terasa lebih alami dan terhubung dibandingkan menuntut diri sendiri yang tidak semestinya yang hanya akan terasa memberatkan, atau akan membuat semakin menjauh.

Bahkan orang yang sering lambat dalam merespon pesan atau mereka yang merasa tidak pandai berbasa-basi, dapat ikut terlibat dalam pertukaran meme, lalu obrolan pun akan mengalir dengan sendirinya.

Kendati begitu, ada satu peringatan yang perlu diketahui.

Dalam hubungan yang lebih dekat, jika Anda benar-benar tidak punya energi untuk dicurahkan kepada seorang teman, bersikaplah transparan tentang hal itu.

"Hal ini sangat penting jika Anda merasa seorang teman sedang membutuhkan Anda atau menghubungi Anda lebih sering dari biasanya", kata psikolog Marisa G. Franco.

Baca juga: 4 Tips Chatting dengan Teman Lama agar Enggak Canggung

Tidak ada seorang teman yang bisa melakukan segalanya, dan faktanya, memiliki beberapa tipe pertemanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda adalah hal yang sehat dibandingkan mengharapkan satu orang untuk melakukan semuanya.

“Jadi meskipun ada orang yang berkomunikasi dengan temannya hanya lewat meme, meski dangkal, tidak ada salahnya menjalin persahabatan yang murni kesenangan,” kata Franco.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com