Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Penting Libatkan Anak dalam Rencana Pesta Ulang Tahun

Kompas.com - 14/09/2023, 07:55 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Saat merencanakan perayaan ulang tahun anak, sangat penting untuk mempertimbangkan preferensi dan minat si anak dalam prosesnya.

Memasukkan tema, warna, atau aktivitas favoritnya dapat mengubah acara dari pesta standar menjadi hari yang akan selalu dikenang.

Dengan melibatkan anak dalam perencanaan, orangtua tidak hanya menciptakan pengalaman yang lebih personal dan menarik, tetapi juga memupuk kreativitas dan kemampuan pengambilan keputusan.

Dalam hal ini, mari kita pelajari pentingnya dan manfaat dari menyertakan preferensi anak dalam menyempurnakan perayaan ulang tahunnya.

Baca juga: Membentuk Anak Bahagia ala Pola Asuh Skandinavia

  • Personalisasi

Dengan memasukkan preferensi anak, pesta menjadi sebuah perayaan yang dirancang khusus untuk dia. Hingga momen ini menjadi sebuah pengalaman yang unik dan istimewa.

Anak-anak sangat bangga dengan ide-idenya, dan akan senang melihat bahwa pemikiran dan keputusannya telah ikut dipertimbangkan.

Hal ini membantu si anak merasa dihargai dan dihormati sebagai individu, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan diri dan mendorong ekspresi diri yang positif.

Jika orangtua ingin mengadakan pesta bertema, seperti pesta bertema paw patrol, atau perayaan bertema film favorit, kita akan mendapati bahwa anak akan sangat senang, karena keinginannya dipertimbangkan.

Di sisi lain, jika anak ingin mengadakan pesta yang lebih umum, tetap penting untuk mempertimbangkan minatnya.

Misalnya, dekorasi berbasis tema dan aktivitas yang sesuai dengan warna favorit atau hobi anak akan membawa beberapa personalisasi ke dalam acara.

Personalisasi pesta tidak hanya terbatas pada dekorasi atau aktivitas; orangtua juga dapat memasukkan makanan dan camilan favorit ke dalam menu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com