Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengangkat Semangat Penyintas Kanker dalam MRCCC Run for Hope 2023

Kompas.com - 28/09/2023, 09:00 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada setiap bulan Oktober, dunia memperingati Hari Kesadaran Kanker Payudara sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan dukungan bagi pasien serta penyintas kanker.

Sebagai langkah konkret, RS MRCCC Siloam Semanggi kembali menggelar acara lari tahunan mereka, MRCCC Run for Hope 2023, yang akan berlangsung pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Acara ini tidak hanya menjadi bentuk dukungan, tetapi juga menjadi panggung bagi lebih dari 3.000 pelari, termasuk pasien dan penyintas kanker, untuk bersatu di jalur lari yang melibatkan rute Senayan Park – Gatot Subroto, Patal Senayan – Senayan Park.

Terry Soetandar, CEO RS MRCCC Semanggi, menyampaikan antusiasmenya terhadap acara ini yang memasuki tahun ketiganya.

"Pada kesempatan kali ini, kami mengusung tema “Close The Care Gap” yang juga merupakan tema perayaan hari kanker sedunia. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit kanker sembari mengobarkan semangat bagi para pejuang kanker di Indonesia agar tetap menjalani hidup sehat dan produktif.”

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum di dunia, termasuk Indonesia. Kementrian Kesehatan Indonesia mencatat bahwa sebanyak 70% pasien kanker payudara telah memasuki stadium 3 saat terdeteksi.

Deteksi dini menjadi kunci penting, karena prognosis hidup pasien kanker payudara dapat mencapai 90-95% pada Stadium 1, 70-75% pada Stadium 2, dan hanya 10-25% pada Stadium 3 dan 4.

Dalam mendukung deteksi dini dan perawatan kanker payudara, MRCCC menyediakan klinik Breast Cancer Care Alliance yang didukung oleh talenta medis dari beragam spesialisasi dan sub-spesialisasi, serta teknologi dan infrastruktur yang memadai.

Dalam semangat Bulan Kesadaran Kanker Payudara, para pelari akan mengenakan jersey berwarna merah muda sebagai bentuk dukungan bagi para penyintas kanker payudara untuk terus melakukan pengobatan.

"Harapannya, melalui kegiatan ini kesadaran masyarakat terkait kanker payudara semakin meningkat karena jenis kanker ini dapat dicegah, dideteksi dini, dan diobati. Di MRCCC, deteksi dini, bedah onkologi, kemoterapi, radioterapi, dan pengobatan kuratif dan paliatif dilakukan terpusat pada satu lokasi." jelas dr. Adityawati Ganggaiswari, M.Biomed, Direktur RS MRCCC Hospitals Semanggi.

Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, juga menyoroti pentingnya pendekatan multidisiplin dalam menghadapi kasus kanker yang semakin kompleks. "Pendekatan multidisiplin dari berbagai macam spesialis yang terkoordinasi diperlukan untuk menghasilkan prognosis optimal yang berfokus pada kesembuhan pasien."

Dalam konferensi pers pada rabu (27/9/2023), RS MRCCC Semanggi menghadirkan perwakilan dari Perhimpunan Onkologi Indonesia, Dr. dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B (K) Onk, M.Epid, MARS, serta perwakilan dari CEO Indonesia Muda Road Runner, Gatot Sudarsono, sebagai panelis dalam sesi tanya jawab.

Gatot Sudarsono menyampaikan bahwa MRCCC Run for Hope 2023 bukan hanya sekadar lomba lari, tetapi juga menjadi pengalaman seru dan atraktif melalui "Five Sense of Experience" di sepanjang rute. Mulai dari edukasi terkait kanker payudara, penampilan marching band, dukungan serta high five, hingga disambut dengan misty air yang menyegarkan di titik terakhir.

Selain acara lari, Grup RS Siloam, dalam rangkaian program SELANGKAH (SEmangat LAwan KANker), melakukan berbagai kegiatan terkait kanker. Ini melibatkan edukasi kepada masyarakat umum, radio talk show, podcast, peningkatan kompetensi tenaga medis melalui oncology summit, hingga program skrining kanker payudara gratis untuk 25.000 wanita di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, program skrining kanker payudara tersebut telah mencapai lebih dari 5.000 wanita dan 40 desa di Indonesia sejak dimulai pada Maret 2023.

RS MRCCC Siloam Semanggi, sebagai rumah sakit swasta pertama di Indonesia yang fokus pada penanganan penyakit kanker, terus berkomitmen menyediakan layanan kesehatan berkelanjutan dengan dukungan dokter spesialis dan teknologi terkini.

Dalam mengakhiri konferensi pers ini, Grup RS Siloam mengajak semua orang untuk ikut serta dalam kampanye SELANGKAH, baik melalui donasi maupun edukasi yang dapat diakses melalui https://www.siloamhospitals.com/selangkah.

Baca juga: Penyintas Kanker Payudara Bisa Tetap Beraktivitas secara Normal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com