Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Presiden Biden Sering Gigit Staf Gedung Putih, Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 13/10/2023, 09:45 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Commander, anjing German Shepherd milik Presiden AS, Joe Biden dipindah dari Gedung Putih setelah beberapa kali menggigit para staf.

Anjing berumur dua tahun itu setidaknya 11 kali mengigit agen Secret Service yang berjaga di tempat tinggal keluarga presiden itu.

Salah satu petugas bahkan harus dibawa ke rumah sakit karena luka di lengan dan pahanya yang cukup parah.

Baca juga: Sering Gigit Staf, Anjing Biden Akhirnya Dipindah dari Gedung Putih

Insiden ini bisa menjadi pelajaran untuk para pemilih hewan peliharaan lainnya soal risiko anjing berperilaku reaktif dan menggigit.

Hal tersebut bisa terjadi pada anjing yang tenang atau bahkan pernah belum menggigit maupun dipicu perilaku orang di sekitarnya.

"Salah satu kesalahan umum adalah orang percaya bahwa anjing yang pernah mereka lihat atau berinteraksi sebelumnya akan berinteraksi dengan mereka dengan cara yang sama," kata Dr. Cherese Sullivan, dokter hewan di Rumah Sakit Hewan Skyline Houston.

Padahal itu belum tentu benar dan bisa berakibat pada insiden buruk.

Baca juga: Waspada jika Anjing Menggigit Benda Ini Saat Bermain

Penyebab anjing suka mengigit

Nick White, mantan agen Secret Service sekaligus pemilih agen pelatihan anjing penjaga, Off Leash K9 Training mengatakan kebiasaan mengigit bisa jadi tanda masalah perilaku pada anjing.

Hal tersebut tentunya harus ditangani agar kita bisa hidup berdampingan.

Identifikasi pemicunya

Anjing peliharaan yang mendadak sering mengigit bisa jadi karena pemicu stres lingkungan sehingga mereka merasa terkejut, stres, takut, atau perlu mempertahankan wilayahnya.

Jika kita membiarkannya, anjing akan mengira jika mengigit adalah mekanisme yang tepat untuk melepaskan diri dari pemicu stres.

Baca juga: Perlu Tahu, 6 Hal yang Menyebabkan Anjing Menggigit

“Mereka juga bisa menggigit karena merasa terancam. Atau karena mereka berusaha melindungi sesuatu yang berharga bagi mereka,” kata Sullivan.

Dr. Blake Hardin, seorang dokter hewan di Belanda mengatakan, insiden Commander bisa jadi dipicu tingkat kebisingan, kesibukan dan jumlah orang di Gedung Putih.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Commander Biden ???????????? (@commanderbidennofficial)

“Bagi saya, dengan banyaknya lalu lintas, jumlah orang yang berbeda-beda, tingkat kebisingan, kebisingan, menurut saya berada di Gedung Putih secara penuh waktu adalah lingkungan yang sempurna untuk menimbulkan kecemasan,” katanya.

Sosialisasi

Para pemilik anjing peliharaan perlu mulai memperkenalkan hewannya pada orang dan situasi berbeda di usia 8-20 minggu sebagai tahapan awal sosialisasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com