Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2023, 06:06 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kaki dan tangan yang halus tanpa bulu tubuh merupakan dambaan kebanyakan perempuan. Namun, nyatanya urusan menghilangkan bulu tubuh ini tidaklah mudah.

Salah satu cara untuk menghilangkan bulu tubuh adalah dengan mencukur. Cara ini dianggap sebagai cara yang cepat dan mudah untuk membuat kulit terasa lebih lembut.

Meski begitu, sebagian besar orang memilih waxing untuk menghilangkan bulu tubuh mereka karena dapat menghambat pertumbuhan bulu dari akarnya, sehingga memperlambat pertumbuhannya.

"Ada beberapa metode yang dapat dipilih, seperti krim penghilang bulu, mencukur, pencabutan bulu, penghilangan bulu dengan laser, dan waxing. Namun, di antara semua pilihan tersebut, mencukur dengan pisau cukur adalah yang paling umum dan sederhana," ungkap dokter kulit, dr Nivedita Dadu.

Namun, ada beberapa alasan mengapa lebih baik menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan bulu tubuh.

Baca juga: Mencukur Bisa Bikin Bulu Semakin Lebat, Mitos atau Fakta?

Berikut adalah 7 alasan mengapa kamu lebih baik mencukur daripada waxing.

  1. Berbeda dengan waxing, mencukur menggunakan pisau cukur yang tepat dan dengan teknik yang benar tidak akan merusak kulit atau menimbulkan masalah pada kulit.
  2. Dengan penggunaan pisau cukur yang benar arahnya dan tekanan yang cukup, kita tidak akan terluka. Waxing dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.
  3. Mencukur tidak akan membuat rambut wajah tumbuh lebih tebal atau kasar. Meski terasa kasar pada awalnya saat menembus kulit, namun folikel rambut tidak akan tumbuh dengan kepadatan yang sama.
  4. Menggunakan pisau cukur merupakan cara cepat dan efisien untuk menghilangkan bulu, sementara waxing membutuhkan lebih banyak waktu dan bisa memerlukan waktu pemulihan lebih lama jika terjadi iritasi.
  5. Tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional. Waxing juga bisa dilakukan sendiri, namun lebih rumit.
  6. Mencukur juga berfungsi sebagai metode eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.
  7. Mencukur lebih mudah dilakukan setiap hari untuk area ketiak, kaki, dan bikini.

Meskipun mencukur merupakan proses yang sederhana, namun terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan:

Batasi frekuensi mencukur

Bila dibandingkan dengan waxing, mencukur merupakan cara yang lebih mudah dan terjangkau untuk menghilangkan bulu. Meskipun dapat dilakukan sesering yang diperlukan, perlu diingat mencukur terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Terasa kering

Setelah mencukur dengan pisau cukur, mungkin kamu akan merasa sedikit kering dan rasa gatal pada kulit. Namun, kamu dapat dengan mudah mengatasi ini dengan menggunakan pelembap yang cocok, serta menghindari paparan langsung sinar matahari setelah mencukur.

Baca juga: Efek Samping Menghilangkan Bulu Tubuh dengan Laser

Pertumbuhan rambut ke dalam

Mencukur dapat meningkatkan risiko pertumbuhan rambut ke dalam dan memicu masalah pertumbuhan rambut yang tidak teratur. Rambut yang tumbuh ke dalam bisa menyebabkan munculnya benjolan kecil dan pembengkakan pada kulit yang bisa terasa tidak nyaman.

Perlu diingat untul menghindari menggunakan pisau cukur milik orang lain, karena hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com