Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2023, 17:18 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencukur bulu tubuh adalah salah satu metode yang paling umum digunakan untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan. Namun, seringkali kita mengalami luka, iritasi, gatal atau masalah lainnya akibat mencukur dengan cara yang tidak benar.

Kamu mungkin akan mempertimbangkan untuk mencoba waxing, sugaring, atau tren baru lainnya untuk penghilangan bulu tubuh.

Namun, menurut ahli dermatologi Taylor Bullock, dari semua metode penghilangan bulu, menggunakan pisau cukur tetap menjadi pilihan favorit bagi beberapa orang.

"Memakai pisau cukur adalah cara yang paling mudah dan nyaman untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan bagi banyak orang. Kamu dapat melakukannya dengan cepat, di rumah, dan tidak memerlukan biaya yang tinggi,” kata Bullock.

Berikut beberapa tips dan trik dari Bullock untuk mendapatkan hasil cukuran yang lebih halus dan aman dengan menggunakan pisau cukur.

Mandi sebelum mencukur

Mencukur kulit dalam keadaan kering dapat meningkatkan risiko luka dan iritasi. Selain itu, mencukur kulit saat kering juga dapat menghalangi pengelupasan kulit mati.

Bullock menjelaskan pengelupasan kulit mati adalah salah satu manfaat utama dari mencukur. Dengan mengangkat sel-sel kulit mati, proses ini dapat meningkatkan tekstur dan kekuatan kulit serta merangsang produksi kolagen.

Untuk mendapatkan pengelupasan kulit yang lebih efektif, disarankan untuk melembutkan kulit sebelum mencukur. Itu dapat melakukannya dengan mencukur di akhir waktu mandi atau setelah berendam.

Setelah setidaknya 10 menit berada dalam air hangat, kulit kamu akan menjadi lebih lembut, sehingga pengelupasan kulit dapat dilakukan secara maksimal.

Baca juga: 7 Kelebihan Mencukur Bulu Dibanding Waxing

Exfoliating

Selain memanfaatkan air hangat untuk mempersiapkan kulit sebelum mencukur, kamu juga dapat membantu proses ini dengan menggunakan produk eksfoliasi seperti lulur mandi.

Menggosok kulit dengan baik sebelum mencukur akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melonggarkan permukaan kulit.

Dengan melakukan eksfoliasi terlebih dahulu, kamu dapat mencegah pisau cukur terbebani oleh sel kulit mati, sehingga meningkatkan efisiensi dan hasil yang lebih baik saat mencukur.

Gunakan air yang lebih dingin

Banyak orang menyukai air yang hangat saat mandi atau berendam. Namun, saat tiba waktunya untuk mencukur, disarankan untuk sedikit mendinginkan airnya.

Air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan rentan terhadap luka saat mencukur. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan air yang sedikit lebih dingin saat mencukur untuk menghindari risiko luka dan iritasi.

Gunakan krim cukur, bukan sabun

Banyak orang salah mengira bahwa sabun dan air sudah cukup sebagai pelumas saat mencukur, namun menurut Bullock, penggunaan sabun untuk mencukur dapat memiliki efek astringen.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com