Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

142 Jam Tangan Vintage Langka Bakal Dipamerkan di Hongkong

Kompas.com - 07/11/2023, 13:46 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 142 jam tangan vintage istimewa nan mewah akan dipamerkan di Pusat Pameran dan Konvensi Hongkong pada 26 November mendatang.

Karya seni horologi itu akan menjadi bagian pertama dari 500 buah jam tangan dari koleksi istimewa yang diberi nama OAK Collection (One-of-A-Kind).

Baca juga: Jangan Salah, Begini Cara Merawat Jam Tangan Vintage

Dikumpulkan oleh seorang kolektor Eropa, ada jam tangan edisi vintage dari abad ke-20 maupun jam jenis kontemporer, yang umumnya hanya dibuat satu unit saja atau berdasarkan pesanan khusus.

Salah satu jam tangan vintage OAK CollectionMADKING Salah satu jam tangan vintage OAK Collection
Koleksi ini juga berasal dari berbagai merek premium bergengsi antara lain, Patek Philippe, Audemars Piguet, Breguet, sampai pembuat jam tangan independen terdepan, seperti Akrivia dan Voutilainen.

Seluruhnya dikurasi berdasarkan kepada tiga kriteria yakni keaslian dan kemurnian produk, kelangkaan, dan keistimewaan tempat asal jam tersebut.

Banyak koleksi ini tersimpan dan dirawat secara cermat, lengkap dengan kertas dan kotak aslinya.

Baca juga: 7 Jam Tangan Patek Philippe Termahal yang Pernah Dilelang

Diselenggarakan oleh balai lelang Christie’s, sejumlah item OAK Collection ini juga ditawarkan melalui lelang bagi yang berminat.

Hasil perolehan terendah hasil lelang koleksi ini diperkirakan setidaknya bernilai 9,6 juta dollar AS, setara Rp 153 miliar.

"Melanjutkan warisan kesuksesan kami dengan mempersembahkan koleksi pilihan yang langka dan komprehensif dari beberapa nama terhebat dalam industri horologi - termasuk di dalamnya adalah Patek Philippe, Breguet, dan Audemars Piguet," ujar Alexandre Bigler, Senior Vice President and Head of Watches, Christie’s Asia Pacific, dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Jam Tangan Capres dan Cawapres 2024, Mana yang Paling Mahal?

Salah satu jam tangan Breguet yang termasuk OAK CollectionMADKING Salah satu jam tangan Breguet yang termasuk OAK Collection

"Keragaman dan kelangkaan OAK Collection yang mengikuti kualitas terbaik, asal dan kondisi jam tangan dalam daftar ini, menjadi sebuah penghormatan atas Haute Horlogerie, menandakan sebuah perjalanan waktu yang bermakna.”

Ia menambahkan, pameran di Hongkong digelar atas adanya kenaikan permintaan jam tangan di kawasan Asia Pasifik dengan kontribusi hampir sebesar 50 persen dari keseluruhan penjualan jam tangan global Christie’s sepanjang semester pertama 2023.

Baca juga: 10 Arloji Termahal Richard Mille, Ada yang Dibanderol Rp 34 Miliar

"Kami sangat menantikan di mana kami bisa mempertunjukkan koleksi ini kepada para pecinta dan pemerhati jam tangan dari seluruh dunia, di Hong Kong pada 26 November mendatang,” tutup Alexandre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com