Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2023, 17:44 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Pethelpful

KOMPAS.com - Sebagai pemula yang belum pernah memelihara reptil jenis ular mungkin kamu akan bingung mengenai ular apa yang bisa kamu pilih sebagai hewan peliharaan.

Namun, bagi pemula atau bahkan ahli yang ingin melengkapi rumah dengan peliharaan reptil, cobalah untuk mempertimbangkan jenir ular jagung alias corn snake.

Ular ini adalah hewan peliharaan yang cocok untuk siapa saja, termasuk keluarga.

Lalu kenapa ular jagung? Apa yang spesial dari ular jenis ini?

Setiap ular memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa ular memiliki sifat temperamental, sementara yang lain sangat jinak dan dapat ditangani dengan baik oleh manusia.

Beberapa ular memerlukan perawatan yang lebih rumit, tapi ada pula ular yang jauh lebih mudah dirawat.

Jika kamu baru pertama kali memelihara ular, sebaiknya pilih ular yang tidak sulit untuk dirawat dan mulailah dengan ular yang kecil. Pastikan kamu dapat merawatnya dengan baik, memberinya makan, dan menjaga kesehata ular tersebut sepanjang hidupnya.

Corn snake merupakan pilihan baik untuk pemula yang ingin memiliki ular. Jenis ini adalah salah satu yang paling umum ditemui dalam penangkaran, dan juga termasuk yang paling ramah.

Mereka memiliki variasi morf (pola warna) yang beragam, mudah dirawat dan ditangani, serta tersedia secara luas di pasaran.

Namun, setelah memutuskan untuk mengadopsi ular jagung, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu dipikirkan sebelum kamu membelinya.

Ular jagung umumnya dikembangbiakkan di penangkaran, meskipun beberapa di antaranya mungkin ditangkap dari alam liar. Yang terakhir ini sebaiknya kamu hindari.

Selain itu, ular jagung juga ada dalam berbagai ukuran dan bentuk. Penting untuk mengetahui cara memilih corn snake yang sehat dan cocok bagi kamu serta keluarga.

Baca juga: Ingin Coba Pelihara Ular? Piton Bola Bisa jadi Pilihan

Tempat membeli ular corn

Ilustrasi ular jenis corn snake.UNSPLASH / Larisa Steele Ilustrasi ular jenis corn snake.

Toko hewan peliharaan

Banyak orang memilih untuk membeli ular jagung dari toko hewan peliharaan setempat di sekitar mereka.

Membeli ular dari toko hewan peliharaan bisa memberikan keuntungan karena kamu bisa memegang, menangani, dan memeriksa kondisi ular sebelum memutuskan untuk membelinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com