Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Ular Jagung sebagai Ular Peliharaan

KOMPAS.com - Sebagai pemula yang belum pernah memelihara reptil jenis ular mungkin kamu akan bingung mengenai ular apa yang bisa kamu pilih sebagai hewan peliharaan.

Namun, bagi pemula atau bahkan ahli yang ingin melengkapi rumah dengan peliharaan reptil, cobalah untuk mempertimbangkan jenir ular jagung alias corn snake.

Ular ini adalah hewan peliharaan yang cocok untuk siapa saja, termasuk keluarga.

Lalu kenapa ular jagung? Apa yang spesial dari ular jenis ini?

Setiap ular memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa ular memiliki sifat temperamental, sementara yang lain sangat jinak dan dapat ditangani dengan baik oleh manusia.

Beberapa ular memerlukan perawatan yang lebih rumit, tapi ada pula ular yang jauh lebih mudah dirawat.

Jika kamu baru pertama kali memelihara ular, sebaiknya pilih ular yang tidak sulit untuk dirawat dan mulailah dengan ular yang kecil. Pastikan kamu dapat merawatnya dengan baik, memberinya makan, dan menjaga kesehata ular tersebut sepanjang hidupnya.

Corn snake merupakan pilihan baik untuk pemula yang ingin memiliki ular. Jenis ini adalah salah satu yang paling umum ditemui dalam penangkaran, dan juga termasuk yang paling ramah.

Mereka memiliki variasi morf (pola warna) yang beragam, mudah dirawat dan ditangani, serta tersedia secara luas di pasaran.

Namun, setelah memutuskan untuk mengadopsi ular jagung, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu dipikirkan sebelum kamu membelinya.

Ular jagung umumnya dikembangbiakkan di penangkaran, meskipun beberapa di antaranya mungkin ditangkap dari alam liar. Yang terakhir ini sebaiknya kamu hindari.

Selain itu, ular jagung juga ada dalam berbagai ukuran dan bentuk. Penting untuk mengetahui cara memilih corn snake yang sehat dan cocok bagi kamu serta keluarga.

Toko hewan peliharaan

Banyak orang memilih untuk membeli ular jagung dari toko hewan peliharaan setempat di sekitar mereka.

Membeli ular dari toko hewan peliharaan bisa memberikan keuntungan karena kamu bisa memegang, menangani, dan memeriksa kondisi ular sebelum memutuskan untuk membelinya.

Namun, ada juga kekurangannya. Jika kamu membeli ular di toko hewan peliharaan pemilik atau karyawan di sana mungkin tidak akan mengetahui jenis kelamin atau genetika ular tersebut.

Jika kamu ingin mengembakbiakan ular jagung, membelinya dari toko hewan peliharaan mungkin bukan pilihan terbaik.

Internet

Salah satu opsi paling nyaman untuk membeli ular adalah melalui internet. Kamu juga akan menemukan beragam pilihan dalam hal warna dan bentuk ular.

Selain itu dengan membelinya secara online kamu dapat mengetahui informasi yang cukup lengkap tentang ular tersebut. Kamu juga bisa menemukan pilihan yang sesuai dengan budget kamu.

Tak hanya itu, internet juga menyediakan platform forum reptil dan ular  yang memungkinkan pemilik baru untuk berinteraksi, bertanya, dan memperoleh wawasan dari pemilik dan peternak ular corn berpengalaman.

Konvensi dan pameran

Salah satu pengalaman yang paling menyenangkan dan mengasyikkan dalam membeli ular adalah melalui pameran atau konvensi reptil.

Pameran reptil tidak hanya menghibur, tetapi kamu juga berkesempatan untuk langsung berinteraksi dengan ular yang ingin kamu beli.

Kamu juga dapat berbicara langsung dengan peternak yang menawarkan ular, sehingga mereka dapat memberikan informasi detail tentang jenis kelamin, morfologi spesifik, dan genetika ular, serta menjawab pertanyaan apa pun yang kamu miliki tentang ula.

Jangan beli ular dari hasil tangkapan liar

Sangat disarankan untuk tidak membeli ular yang ditangkap dari alam liar. Hewan-hewan semacam itu sebaiknya dihindari karena sifat temperamen mereka yang sulit diprediksi akibat lingkungan alam liar yang telah menjadi bagian dari kehidupan mereka.

Kamu juga sebaiknya menghindari tempat-tempat yang menjual hewan hasil tangkapan liar. Jika hewan tersebut lahir dan hidup di alam liar, sebaiknya mereka tetap dipertahankan di habitat alaminya.

Selain itu, hewan-hewan hasil tangkapan liar cenderung lebih rentan terhadap parasit, bakteri, dan penyakit lainnya yang dapat membahayakan kesehatan hewan dan juga kamu sebagai pemiliknya.

Ukuran

Sebelum membeli ular, penting untuk mempertimbangkan ukuran ular dengan seksama. Ukuran ular akan menentukan kebutuhan ruang dan perawatannya.

Ukuran ular akan memengaruhi ukuran mangsa yang dibutuhkannya, dimensi kandang yang dibutuhkan, sifatnya, serta seberapa toleran ular terhadap penanganan.

Warna dan morf

Ular jagung sangat menyenangkan untuk dibeli karena ada begitu banyak variasi yang berbeda dan bisa sangat indah.

Pemilihan bentuk ular yang ingin kamu beli sepenuhnya tergantung pada preferensi pribadi kamu.

Namun, disarankan untuk melihat-lihat dan mengeksplorasi semua pilihan yang tersedia sehingga kamu dapat menemukan ular yang sesuai dengan preferensi, sehingga kamu dengan senang hati merawatnya selama bertahun-tahun ke depan.

Cara mengidentifikasi ular yang tidak sehat

  • Ular tersebut memiliki parasit yang jelas. Parasit biasanya ditemukan di sekitar mata ular.
  • Jika kotorannya encer, berubah warna atau berbau busuk.
  • Jika perutnya kembung.
  • Jika ular tidak pernah makan (ini bisa jadi merupakan tanda adanya masalah lain).
  • Jika terlalu kecil atau terlalu kurus.
  • Jika pernah terpapar penyakit lain.
  • Jika rahang atas dan rahang bawah tidak rata atau bengkak.
  • Jika memiliki air liur yang berlebihan.
  • Jika keluar cairan dari hidung.
  • Jika "bersin".
  • Jika mengalami masalah kerontokan (jika kerontokannya tidak sempurna).
  • Jika terdapat luka yang terlihat jelas.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/09/174451220/mengenal-ular-jagung-sebagai-ular-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke