Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Berawal dari Indekos, Endah MB Bridal Sukses Rias Artis Ibu Kota

Kompas.com - 15/11/2023, 09:40 WIB
Nur Melati Syamdani,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berawal dari ketertarikan di dunia makeup, Endah memulai kariernya sebagai makeup artist (MUA) pada 2015. Endah yang saat itu berusia 25 tahun, menyediakan jasa rias untuk pesta di kamar indekosnya.

Meski bermodalkan seadanya, kemampuan riasan Endah ternyata menarik sehingga membuat banyak orang mulai menghubunginya. Klien yang menggunakan jasa rias Endah pun merasa hasil riasannya cantik dan memberikan kesan luxurious makeup.

Melihat banyaknya orang yang tertarik menjadi kliennya, Endah pun membuka rias untuk acara lain, seperti pernikahan dan photo shoot. Hal ini ternyata membuka jalan karier Endah untuk menjadi MUA yang lebih dikenal sekaligus menambah daftar portofolio.

Sebelum menjadi MUA, Endah merupakan seorang pegawai bank swasta yang saat itu kariernya lebih terjamin dibandingkan dengan menekuni dunia baru sebagai seorang MUA. Namun, tekadnya untuk membuka jasa rias membuat ia berani mengambil keputusan untuk keluar dari pekerjaan utama. Endah kala itu tidak menerima dukungan atau respons yang baik dari orang orang terdekat.

Kendati begitu, Endah berhasil membuktikan bahwa pilihannya untuk resign dari bank swasta lalu menekuni profesi sebagai MUA adalah keputusan yang tepat.

Hasil Makeup Endah MUADok. Endah MUA Hasil Makeup Endah MUA
Dalam waktu satu tahun, Endah menunjukkan pencapaiannya dengan berhasil menjadi perias untuk sederet artis Ibu Kota dan ibu-ibu pejabat di Kota Makassar. Artis yang pernah menjadi klien Endah antara lain Luna Maya, Nafa Urbach, Audy Item, Wika Salim, dan Fitri Carlina.

Pada awal memulai kariernya, Endah hanya menghasilkan kurang lebih Rp 100.000 dari tiap kliennya. Namun, dengan portofolio riasan yang semakin banyak, peningkatan kemampuan, dan jam terbang, saat ini penghasilan Endah mencapai puluhan juta rupiah dari satu klien saja.

Melihat kariernya yang terus melejit dalam merias pengantin, Endah mulai memberikan fokus lebih dalam merias pengantin. Endah pun terus menciptakan inovasi baru agar stabilitas usahanya terjaga.

Pada 2020, akhirnya Endah memutuskan untuk membuat Endah MB Bridal Makeup Studio yang tidak hanya menerima jasa rias, tetapi juga membuka kursus privat, sewa baju pengantin adat bugis Makassar dan Jawa, serta perlengkapan dekorasi rumah.

Endah mengaku, sejak awal membuka usahanya memiliki visi untuk mengubah image pengantin bugis yang identik dengan riasan menor dan tebal menjadi modern. Pengantin bugis bisa dirias menggunakan riasan yang natural dan elegan. Endah merasa bahwa dengan riasan tersebut, pengantin akan terkesan lebih cantik dan mewah.

Dengan konsep luxurious makeup dan baju pengantin simpel yang mengutamakan bahan dan payet yang berkualitas tinggi, ia yakin mampu menghasilkan pengantin yang cantik, elegan, dan tetap mewah.

Owner Endah MB Bridal Makeup Studio, Endah, mengatakan bahwa meskipun mengubah konsep riasan, ia punya komitmen untuk tetap memberikan kesan yang mewah dan elegan di hari pernikahan kliennya.

“Kami ingin agar para calon pengantin,bisa mendapatkan sentuhan makeup flawless serta baju pengantin yang elegan, tetapi tetap mewah pada hari spesial mereka,” kata Endah lewat keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Saat ini, Endah MB Bridal Makeup Studio menerima klien pernikahan dari luar kota, seperti Kendari, Bau bau, samarinda, Jakarta, dan beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Ke depannya, Endah memiliki visi menjadi rumah pengantin terbesar di Makassar dengan baju adat dari berbagai daerah, dan membuka cabang di Jakarta.

Untuk melihat detail portofolio makeup pengantin Endah MB Bridal Makeup Studio, Anda dapat mengunjungi media sosial Instagram di sini dan di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com