Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2023, 13:35 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Rutin makan pisang rupanya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Salah satu manfaatnya yang jarang diketahui adalah pisang bisa membantu mengatasi kecemasan.

Kedengarannya memang tidak terkait, tetapi sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan, manfaat pisang dalam mengatasi kecemasan berasal dari kandungan potasium atau kaliumnya. 

Potasium sebenarnya bermanfaat untuk mengatasi kram otot, sementara kalium bisa memfasilitasi kontraksi otot dan sirkulasi yang sehat antara saraf dan otot.

Kata ahli, senyawa tersebut berkontribusi secara tidak langsung dalam mengurangi masalah kecemasan.

"Saat merasa cemas, mungkin di tubuh memiliki terlalu banyak hormon adrenalin. Hal ini bisa memicu jantung berdebar kencang dan pikiran menjadi gelisah," kata ahli gizi bersertifikat, Romane, Guerot, RDN.

Baca juga: Menakar Manfaat Pisang dari Warna Kulitnya, Begini Caranya 

Manfaat pisang dalam mengatasi kecemasan

Ada beberapa alasan yang membuat pisang layak dijadikan makanan sehat untuk mengatasi kecemasan.

Secara ilmiah, kandungan potasium dapat bertindak sebagai beta-blocker alami, yang membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Kemudian potasium atau kalium juga berperan dalam memblokir produksi hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti adrenalin.

"Kalium membantu jantung berdetak dengan normal dan otot-otot bekerja dengan lebih baik, termasuk otot yang terlibat dalam respons kecemasan," tambah Guerot.

Baca juga: 3 Resep Masker Wajah dari Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat 

Buah pisang aman dikonsumsi penderita asam lambungSHUTTERSTOCK/Yane Ruiz Buah pisang aman dikonsumsi penderita asam lambung

Pada penelitian di tahun 2023 yang meninjau lebih dari 500 orang di Tiongkok menguatkan hal tersebut.

Penelitian itu mengungkapkan, seseorang dengan kadar kalium rendah berpotensi memiliki risiko kecemasan serta depresi yang lebih tinggi.

Buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 400 mg potasium, maka mengonsumsinya secara teratur dapat memenuhi kebutuhan itu sekaligus membantu mengurangi kecemasan.

"Pisang kaya akan triptofan, asam amino esensial dan prekursor serotonin yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan," kata ahli nutrisi Sara Chatfield, MPH, RDN

Meski begitu, pada kecemasan yang lebih berat, dibutuhkan lebih dari sekadar buah pisang. Berkonsultasilah pada psikolog atau psikiater untuk mencari akar masalahnya dan terapi yang paling sesuai.

Baca juga: 4 Masker Rambut dari Pisang, Bantu Lembapkan dan Cegah Kerontokann 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com