Kompas.com - 15/03/2021, 09:04 WIB
Ilustrasi makan pisang. SHUTTERSTOCK/RODIMOVIlustrasi makan pisang.

KOMPAS.com - Don't judge a book by it's cover, demikian kata pepatah. Namun jika soal pisang, warna kulit luarnya bisa menentukan kualitas dan manfaatnya.

Pisang memiliki banyak kandungan vitamin selain juga potasium dan kalori. Buah ini kerap dijadikan alternatif untuk menambah energi.

Namun manfaatnya bukan hanya itu. Buah endemik Asia Tenggara ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah.

Hanya saja manfaat ini sangat bergantung dengan tingkat kematangannya dan kondisi kesehatan seseorang. 

Beda kematangan maka beda pula nutrisi dan manfaatnya. Saat mengkonsumsi pisang, sebaiknya pilih pisang yang paling sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Baca juga: Sering Salah, Ini Cara Mengupas Pisang yang Benar

Agar bisa menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan, berikut adalah manfaat pisang sesuai warna kulitnya:

  • Pisang berkulit hijau

Ilustrasi pisangmargouillatphotos Ilustrasi pisang
Pisau dengan kulit hijau segar biasanya cenderung masih agak mentah dan terasa pahit jika dimakan. Namun pisang dalam kondisi ini memiliki kandungan pati resisten tinggi dan rendah gula.

Riset British Journal of Nutrition mengatakan pati dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA) yang baik bagi kesehatan usus.

Pisang dengan tekstur yang masih keras ini juga memiliki bakteri probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Karena itu, smoothies dari pisang mentah cocok bagi penderita diabetes atau yang sedang menjalani diet. Hanya saja jika dikonsumsi terlalu banyak maka bisa menyebabkan kembung dan begah di perut.

Baca juga: Buah Pisang Bisa Jadi Sumber Asupan Serat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X