Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2023, 14:59 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kalian melihat ke sekitar, mungkin kalian akan mulai melihat banyak orang mengenakan celana kargo yang membuat mereka tampak keren, entah itu kasual ataupun dikenakan sedikit necis. Kenyataannya, memadukan celana kargo tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Dengan trik padu padan yang tepat, kamu bisa tampil keren dengan celana kargo. Maka dari itu artikel ini akan membagikan tips mengenakan celana kargo agar tampil keren.

Sejarah singkat celana kargo

Celana kargo pertama kali dipopulerkan di kalangan militer selama Perang Dunia II ketika tentara Inggris menyadari potensinya sebagai pakaian yang serbaguna dan nyaman dikenakan di medan tempur.

Tidak seperti seragam militer yang dipakai pada Perang Dunia I dan tahun 1800-an, celana kargo jauh lebih nyaman dan tidak terlalu butuh aturan dibandingkan seragam klasik tahun-tahun sebelumnya.

Tidak lama kemudian, militer AS juga mengadopsi gaya seragam ini dan mulai memproduksinya secara massal untuk tentara mereka sendiri selama Perang Dunia II.

Di sinilah sejarah celana kargo yang sangat menarik dimulai karena selama Perang Dunia II, Prancis bersekutu dengan AS. Oleh karena itu, AS mengirimkan sejumlah celana Kargo buatannya ke Prancis sehingga mereka juga dapat memanfaatkan kenyamanan taktis celana berkantong itu.

Namun, ketika Prancis jatuh ke tangan Jerman pada tahun 1940, Nazi mencuri desain celana tersebut untuk diberikan kepada unit militer mereka sendiri.

Tentara Nazi di kapal U-boat mengenakan celana kargo untuk alasan yang sama seperti tentara Inggris, AS, dan Prancis yaitu kenyamanan dan kemudahan di medan perang.

Ketika AS membagikannya kepada Prancis, mereka tidak pernah berpikir bahwa Nazi akan mengadopsinya dan mulai memakainya saat menenggelamkan kapal perang AS di tengah Atlantik.

Sejak diperkenalkan di militer, celana kargo kemudian menjadi salah satu item busana utama bagi pria dan wanita di seluruh dunia.

Bahkan dalam 50 tahun terakhir, celana ini telah dipakai di peragaan busana, protes anti-perang, dan untuk kenyamanan di rumah. Faktanya, pada tahun 2020, popularitas celana kargo meningkat pesat ketika versi yang lebih ramping dirilis, memberikan variasi baru untuk gaya yang berbeda.

Baca juga: Tips Komplet untuk Bergaya dengan Celana Kargo

Apa yang bisa dipadukan dengan celana kargo?

Ilustrasi celana kargo Ilustrasi celana kargo
Dilihat dari bentuknya, celana kargo adalah celana yang cocok untuk meeka yang ingin tampil nyaman namun tetap stylish dan berpenampilan menarik. Tapi ada tips pemakaian agar kamu tidak terlihat seperti akan melakukan pekerjaan kasar.

Ingat, celana kargo bukanlah item gaya formal dan sebaiknya hanya dikenakan ketika berada di suasana santai dan nyaman. Jika ingin mengenakan celana kargo, kamu bisa memadukannya dengan:

  • Kemeja Henley yang cocok untuk tampilan kasual.
  • Kaos polo tanpa memasukkannya dan pilih yang cocok untuk celana kargomu.
  • Kemeja kasual berkancing dengan warna-warna alami seperti krem dan coklat untuk menambah sentuhan formalitas.
  • T-shirt selalu menjadi pilihan bagus untuk celana kargo karena nyaman, tersedia dalam jutaan desain berbeda, dan dapat disesuaikan dengan mudah.
  • Hoodie abu-abu yang cocok untuk hari-hari santai ketika tidak ingin terlalu memikirkan penampilan

.Boden VIA apetogentleman.com .
Kemudian beralih ke alas kaki, kamu sebenarnya punya banyak pilihan. Celana kargo cocok untuk sebagian besar gaya, kecuali sepatu formal. Coba kenakan celana kargomu dengan:

  • Sneaker putih karena nyaman dan warnanya cocok dengan hampir semua busana
  • Sepatu boat yang kasual namun bergaya, cocok untuk celana kargo. Pastikan saja sepatu boatmu bersih dan dalam kondisi baik sebelum dikenakan.
  • Sepatu bot gurun (desert boots) adalah pilihan bagus lainnya bagi mereka yang menginginkan penampilan penuh gaya namun kasual.
  • Sepatu bot militer jika kamu ingin gaya kemiliteran. Pilihlah sepatu bot militer berwarna hitam atau hijau.
  • Sandal dengan desainnya sederhana. Pastikan kakimu terawat serta bersih sehingga tampil maksimal dengan sandal.

· Tanpa sepatu jika kamu hanya ingin bermalas-malasan di rumah atau mengajak anjing jalan-jalan.

Baca juga: Tampil Keren dengan Celana Kargo? Berikut Triknya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com