Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pilihan Bahan Hijab yang Nyaman dan Tidak Gampang Kusut

Kompas.com - 09/01/2024, 17:14 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan hijab sudah tidak asing lagi di kalangan perempuan muslim. Selain model yang menarik, kenyamanan bahan juga menjadi faktor penentu dalam pemilihan hijab.

Memilih bahan hijab yang tidak tepat seringkali berdampak buruk tidak hanya pada kepala dan rambut, tetapi juga penampilan.

Sebagai contoh, bahan hijab yang memiliki tekstur terlalu licin, seperti satin, lebih sulit diatur dan bila terkena angin akan gampang kusut

Lantas, bagaimana seharusnya kita memilih bahan hijab yang nyaman, mudah diatur, dan tidak gampang kusut?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tips selengkapnya sebagai berikut.

1. Bahan paris

Seorang pedagang fesyen muslim di Toko Molek Indonesia bernama Fina mengatakan, paris menjadi salah satu bahan hijab yang paling banyak dicari lantaran ringan dan mudah dibentuk.

Paris merupakan jenis kain katun bertekstur tipis dan memiliki kemampuan menyerap keringat sehingga sangat nyaman dipakai, terutama di Indonesia yang cuacanya cenderung lebih panas.

"Kalau kami biasanya rekomendasikan ke pelanggan itu bahan paris karena mudah dibentuk dan tidak gampang nekuk," kata Fina kepada Kompas.com di ITC Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2024).

ia juga merekomendasikan bahan paris Japan, atau paris versi premium, yang lebih tebal namun tetap nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Potret beberapa bahan hijab di sebuah toko hijab yang berada di ITC Kuningan, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Potret beberapa bahan hijab di sebuah toko hijab yang berada di ITC Kuningan, Jakarta Selatan.

2. Bahan voal

Selanjutnya, Fina mengungkapkan bahwa bahan voile atau voal juga populer di kalangan hijabers.

Menurutnya, kebanyakan hijab voal dijual dalam bentuk atau model segi empat yang praktis, maka tidak heran jika banyak peminatnya.

"Voal juga tidak gampang kusut dan mudah dibentuk. Karena modelnya banyak yang basic jadi banyak dicari orang," jelas dia.

3. Bahan polycotton

Hijab berbahan polycotton juga digemari karena teksturnya ringan, tidak mudah kusut, dan mudah dibentuk.

Bahan ini terdiri dari campuran katun dan polyester yang nyaman. Selain itu, harganya pun tidak terlalu mahal seperti hijab berbahan paris atau voal.

"Polycotton juga bahannya bagus dan adem. Ini bisa jadi alternatif kalau mau mencari hijab yang harganya murah. Di sini kami jual mulai dari Rp 25.000 sampai dengan Rp 35.000-an," imbuh Fina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com