Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2024, 15:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ukuran tubuh kerap menjadi pertimbangan saat memilih pakaian yang hendak dikenakan. Pada dasarnya, semua orang dapat tampil menarik terlepas bentuk tubuh gemuk maupun kurus. 

Kuncinya adalah memilih teknik styling yang tepat sehingga penampilannya menarik. Beberapa pertanyaan terkait styling yang kerap muncul adalah, apakah pakaian motif cocok untuk orang gemuk? 

Baca juga:

Berikut jawabannya dilansir Kompas.com dari Bustle, Style Craze, dan Bebeautiful

Apakah pakaian motif cocok untuk orang gemuk? 

Pada dasarnya, tidak ada larangan bagi orang gemuk untuk mengenakan pakaian apapun, termasuk pakaian motif. Kunci utama untuk membuat penampilan menarik adalah rasa percaya diri dan nyaman, dilansir dari Style Craze. 

Tidak dipungkiri, ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa pakaian motif dapat membuat tubuh semakin berisi, sehingga tidak cocok bagi orang gemuk, dilansir dari Bebeautiful

Adapula pendapat yang mengatakan bahwa orang gemuk hanya cocok mengenakan pakaian polos. Pandangan tersebut, justru bisa membatasi pilihanmu. 

Jadi, abaikan pendapat tersebut karena setiap orang bisa tampil menarik dengan pakaian bermotif. Dengan teknik styling yang tepat, orang gemuk akan tampak menarik mengenakan pakaian motif. 

Baca juga:

Tips mengenakan pakaian motif bagi orang gemuk 

Berikut beberapa tips mengenakan pakaian motif bagi orang gemuk agar tampak menarik. 

Ilustrasi perempuan gemuk memakai pakaian bermotifShutterstock/Mariia Korneeva Ilustrasi perempuan gemuk memakai pakaian bermotif

1. Pilih motif vertikal 

Mix and match beragam motif pakaian bisa menjadi hal yang menyenangkan. Bagi orang gemuk, disarankan untuk memilih motif vertikal dibandingkan horizontal, dilansir dari Style Craze. 

Sebab, motif horizontal justru akan membuat bentuk badan kamu semakin berisi. 

2. Mix dengan pakaian polos

Agar penampilan makin menarik, kamu bisa mix and match pakaian motif dengan baju polos. Pilih warna-warna basic yang senada dengan mmotif pakaian untuk melengkap penampilan. 

Baju polos warna solid akan menyeimbangkan penampilanmu. 

3. Ukuran pas

Ada kesalahpahaman di kalangan orang gemuk, bahwa memilih pakaian longgar akan membantu menyembunyikan bentuk tubuh mereka. 

Meskipun logika ini benar, namun tidak berlaku saat mengenakan pakaian bermotif. Sebab, pakaian bermotif bisa membuat bentuk tubuh makin berisi. 

Jadi, sebaiknya pilih pakaian motif yang ukurannya pas di tubuh, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com