Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Pakaian yang Membuat Kita Tampak Lebih Muda, Apa Saja?

Kompas.com - 11/01/2024, 13:13 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber colorbux

KOMPAS.com - Setelah mencapai usia tertentu, kita umumnya ingin tampil lebih muda. Berbagai hal kita lakukan mulai dari perawatan anti-penuaan seperti botox dan dermal fillers hingga suplemen kolagen dan berolahraga setiap hari. 

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa warna pakaian yang dapat membantu mencerahkan penampilan dan membuat kita tampak lebih muda? 

Ya, pilihan warna busana yang tepat dapat menonjolkan “cahaya dari dalam” dan membuat pemakainya lebih berseri-seri sehingga terlihat muda.

Warna pakaian yang membuat kita tampak lebih muda

Warna-warna yang terang, cerah, dan hangat membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. Karenanya, memakai warna-warna ini membuat kita terlihat lebih muda. 

Kenakan warna terang yang mempertegas rona kulitmu dan secara visual mengurangi kontras pada kulit. Misalnya warna kuning, merah, dan biru kehijauan yang akan terlihat sangat muda. 

Berikut tips dan trik untuk tampil lebih mudadengan menggunakan warna. Ingat, warna kulit dapat memengaruhi tampilan warna tertentu saat kamu pakai. Cobalah untuk menemukan sesuatu yang kamu sukai untuk dikenakan. Kuncinya adalah percaya diri!

Baca juga: Cara Merawat Kulit agar Tampak Lebih Muda

Agar tampak lebih muda, pilih warna terang

Ada alasan mengapa warna gelap dipakai khusus saat kita berduka. Karena itu bisa menggambarkan kemuraman dan memperjelas raut sedih.

Warna gelap dalam banyak kasus menyembunyikan kecerahan dari kulit kita, namun menonjolkan ketidaksempurnaan seperti garis halus, keriput, dan cekungan.

Warna gelap bertindak sebagai kontras, membuat apa yang ada di kulit tampak jelas – terutama jika kamu memiliki kulit yang sangat putih.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology membuktikan bahwa kontras yang tinggi pada kulit (misalnya kulit belang, keriput, bergaris-garis) memengaruhi persepsi usia, daya tarik, kesehatan, dan membuat kita tampak lebih tua.

Di sisi lain, kontras yang tinggi antara elemen wajah (alis, mata, bibir, dll) dan kulit membuat kita terlihat lebih muda.

Artinya, orang akan terlihat lebih muda jika kontras pada kulitnya lebih sedikit, namun kontras antara kulit dengan bibir, alis, bulu mata, rambut, dan sebagainya lebih tinggi. 

Lebih jauh, warna-warna gelap pada busana akan kontras dengan warna tubuh kita. Misalnya, saat kita mengenakan pakaian berwarna hitam atau biru tua, warna-warna ini dapat menonjolkan fitur di kulit seperti kerutan, noda, dan belang.

Lingkaran di bawah mata, kulit pucat, keriput, dan kulit kusam, akan lebih terlihat saat kita memakai warna yang gelap.

Namun, jika kita mengenakan rona yang lebih terang, warna ini dapat menonjolkan warna kulit, sehingga membuat kita tampak lebih muda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com