Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Keluarga Wales Selalu Pilih Pakaian Warna Biru

Kompas.com - 01/10/2023, 12:24 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Vogue

KOMPAS.com - Keluarga kerajaan Inggris selalu menjadi sorotan dalam dunia mode. Penampilan mereka selalu dinanti-nanti masyarakat dunia.

Keluarga Pangeran William, Kate Middleton dan ketiga anaknya adalah salah satu yang paling sering mendapat sorotan. Penampilan mereka selalu mencerminkan kesan anggun, sopan, dan bergaya,.

Namun, dalam beberapa kesempatan keluarga Wales ini sering kali terlihat menggunakan baju dengan nuansa biru.

Misalnya pada kartu Natal Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2022 William memakai kemeja yang serasi dengan celana pendek George, sedangkan Putri Charlotte memiliki sepatu yang cocok dengan mereka.

Pada tahun yang sama, Pangeran dan Putri Wales merilis foto ulang tahun Pangeran Louis yang ke-5. Di dalam foto tersebut, Louis terlihat sangat bahagia mengenakan sweater berwarna blueberry.

Baca juga: Keluarga Pangeran William dan Kate Middleton Kompak Pakai Biru di Perayaan Paskah

Beberapa minggu kemudian, saat Putri Charlotte berusia sembilan tahun, orang tua mereka membagikan foto putri mereka yang mengenakan gaun putih yang dihiasi dengan bunga periwinkle.

Tak hanya itu, untuk merayakan ulang tahun Pangeran George, ia berpose di Windsor dengan kemeja kotak-kotak berwarna biru tua dan putih.

Hal ini tentu saja menjadi pertanyaan, mengapa keluarga Wales ini sering menggunakan pakaian dengan sentuhan biru.

Lalu mengapa keluarga Wales sering kali terlihat menggunakan pakaian dengan nuansa biru?

Memang keluarga Kerajaan Inggris memiliki keahlian dalam menyampaikan pesan tanpa kata-kata, terutama melalui ekspresi atau pakaian mereka.

Contohnya, pada Hari Peringatan Pahlawan, mereka mengenakan bunga poppy berwarna hitam dan merah sebagai simbol dukungan.

Selama kunjungan ke Pusat Kebudayaan Ukraina setelah invasi Rusia, Kate Middleton bahkan mengenakan buana dengan warna bendera Ukraina sebagai pesan dukungan halus.

Oleh karena itu, kecenderungan mereka untuk mengabadikan momen dengan foto keluarga berwarna biru tampaknya bukan kebetulan.

Warna biru memiliki makna yang dalam dalam teori warna dasar, seperti ketenangan dan tanggung jawab.

Bagi keluarga kerajaan yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas, estetika ini juga mencerminkan aspek penting dalam monarki.

Selain itu, warna biru adalah bagian dari bendera Union Jack, sehingga mengenakan warna ini juga merupakan cara halus untuk menunjukkan rasa patriotisme.

Baca juga: Kate Middleton Jadi Bangsawan Paling Berpengaruh di Industri Fashion

Kate Middleton khususnya, telah membuat warna biru menjadi ciri khasnya. Bahkan sejak foto resmi pertamanya sebagai calon pengantin kerajaan, ia mengenakan gaun biru cerah yang serasi dengan cincin pertunangan safir dan berlian milik Putri Diana.

Kate kemudian terus memilih warna biru dalam berbagai nuansa, dari warna biru yang lembut hingga biru tua.

Jadi, pilihan mereka untuk mengenakan warna biru tidak muncul begitu saja, melainkan merupakan bagian dari pesan yang mereka sampaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com