Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Warna Dasi untuk Kemeja Biru, Mana yang Paling Cocok?

Kompas.com - 09/01/2024, 15:37 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kemeja berwarna biru merupakan salah satu pilihan paling populer untuk dikenakan bersama setelan jas setelah kemeja putih.

Warna biru melambangkan kepercayaan dan kesetiaan, serta memiliki efek menenangkan dan relaksasi. Selain itu, warna biru juga mudah dipadukan dengan warna lain pada aksesoris, termasuk dasi.

Memadukan warna dasi dengan warna kemeja sangatlah penting karena dasi biasanya menjadi pusat pandangan saat seseorang memperhatikan penampilan Anda.

Nah, bagi yang belum tahu, bagaimana tips memadukan kemeja biru dengan dasi atau warna dasi apa yang cocok dengannya, mari simak ulasan berikut.

Kemeja biru dengan dasi biru tua

Kemeja biru dengan dasi berwarna biru Kemeja biru dengan dasi berwarna biru
Kemeja biru dengan dasi berwarna biru yang lebih tua akan menghadirkan tampilan yang formal dan pantas.

Kita bisa mengenakan dasi biru donker, biru navy (biru laut) atau jenis biru lain bersama kemeja biru langit atau yang lebih muda untuk mendapatkan tampilan segar dan keren.

Bila dipadukan dengan setelan jas yang juga berwarna biru, maka kombinasi ini memungkinkan tampilan kita tetap monokromatik namun tidak membosankan.

Kemeja biru dengan dasi merah

Kemeja biru dengan dasi merah Kemeja biru dengan dasi merah
Disukai karena memberi sentuhan yang hidup dan berani, dasi merah dapat membuat kemeja apa pun terlihat pantas, tidak hanya biru.

Kita bisa menghadirkan tampilan mengesankan dengan kemeja biru pucat dengan dasi bermotif kecil berwarna merah.

Atau kenakan kemeja biru royal dengan dasi merah solid untuk tampilan yang menonjol dan membuat orang melirik.

Baca juga: Pilihan 8 Jenis Dasi untuk Menunjang Penampilan

Kemeja biru dengan dasi burgundy

Kemeja biru dengan dasi burgundy Kemeja biru dengan dasi burgundy
Dasi merah anggur (burgundy) yang dipadukan dengan kemeja biru menghasilkan gaya flamboyan yang penuh percaya diri. 

Warna burgundy yang ceria, dengan rona ungu dan sedikit warna biru membawa kombinasi ini ke tingkat penampilan yang lebih tinggi.

Dasi burgundy adalah pilihan terbaik untuk dipadukan dengan kemeja bergaris biru. Kombinasi ini memberikan tampilan mewah berpadu dengan kesegaran, yang tidak bisa didapatkan dari warna lain.

Kita bisa mengandalkan kombinasi kemeja biru dan dasi burgundy untuk acara-acara pesta, seperti pernikahan atau pertemuan resmi. Pastikan mengenakan pola dasi yang keren agar tampilannya tidak membosankan.

Kemeja biru dengan dasi coklat

Kemeja biru dengan dasi coklat Kemeja biru dengan dasi coklat
Coklat sepertinya selalu menjadi pilihan yang masuk akal saat memilih aksesoris dengan tone tanah.

Memadukan dasi coklat dengan kemeja biru, membuat kita tampil aman dan berkesan hangat. Kenakan perpaduan ini ke kantor, acara pesta, atau pertemuan lain yang sesuai.

Dasi coklat juga merupakan pilihan paling lembut untuk kemeja biru, berbeda dengan dasi oranye yang melambangkan tingkat warna paling kontras dengan kemeja biru.

Sebaiknya pilih kemeja warna biru muda bila ingin menggunakan dasi coklat. Gunakan beberapa pola pada kemeja dan dasi untuk menonjolkan kombinasinya.

Perlu diperhatikan bahwa kemeja biru tua atau biru navy tidak cocok dipadukan dengan dasi coklat yang gelap. Jangan memaksakan kombinasi ini kecuali Anda memilih dasi berwarna coklat muda atau pucat.

Kemeja biru dengan dasi abu-abu

Kemeja biru dengan dasi abu-abu Kemeja biru dengan dasi abu-abu
Harus diakui, dasi abu-abu yang dipadukan dengan kemeja biru muda akan tidak sesuai ekspektasi kebanyakan orang karena warnanya jadi meredup alias mendem. 

Namun, bukan berarti dasi abu-abu tidak bisa menambah kesan apa pun pada kemeja biru. Bila kita memilih pola dasi yang menonjol seperti kotak-kotak, tartan, dan paisley, maka pesonanya akan muncul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com