Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Warna Dasi untuk Kemeja Biru, Mana yang Paling Cocok?

KOMPAS.com - Kemeja berwarna biru merupakan salah satu pilihan paling populer untuk dikenakan bersama setelan jas setelah kemeja putih.

Warna biru melambangkan kepercayaan dan kesetiaan, serta memiliki efek menenangkan dan relaksasi. Selain itu, warna biru juga mudah dipadukan dengan warna lain pada aksesoris, termasuk dasi.

Memadukan warna dasi dengan warna kemeja sangatlah penting karena dasi biasanya menjadi pusat pandangan saat seseorang memperhatikan penampilan Anda.

Nah, bagi yang belum tahu, bagaimana tips memadukan kemeja biru dengan dasi atau warna dasi apa yang cocok dengannya, mari simak ulasan berikut.

Kita bisa mengenakan dasi biru donker, biru navy (biru laut) atau jenis biru lain bersama kemeja biru langit atau yang lebih muda untuk mendapatkan tampilan segar dan keren.

Bila dipadukan dengan setelan jas yang juga berwarna biru, maka kombinasi ini memungkinkan tampilan kita tetap monokromatik namun tidak membosankan.

Kita bisa menghadirkan tampilan mengesankan dengan kemeja biru pucat dengan dasi bermotif kecil berwarna merah.

Atau kenakan kemeja biru royal dengan dasi merah solid untuk tampilan yang menonjol dan membuat orang melirik.

Warna burgundy yang ceria, dengan rona ungu dan sedikit warna biru membawa kombinasi ini ke tingkat penampilan yang lebih tinggi.

Dasi burgundy adalah pilihan terbaik untuk dipadukan dengan kemeja bergaris biru. Kombinasi ini memberikan tampilan mewah berpadu dengan kesegaran, yang tidak bisa didapatkan dari warna lain.

Kita bisa mengandalkan kombinasi kemeja biru dan dasi burgundy untuk acara-acara pesta, seperti pernikahan atau pertemuan resmi. Pastikan mengenakan pola dasi yang keren agar tampilannya tidak membosankan.

Memadukan dasi coklat dengan kemeja biru, membuat kita tampil aman dan berkesan hangat. Kenakan perpaduan ini ke kantor, acara pesta, atau pertemuan lain yang sesuai.

Dasi coklat juga merupakan pilihan paling lembut untuk kemeja biru, berbeda dengan dasi oranye yang melambangkan tingkat warna paling kontras dengan kemeja biru.

Sebaiknya pilih kemeja warna biru muda bila ingin menggunakan dasi coklat. Gunakan beberapa pola pada kemeja dan dasi untuk menonjolkan kombinasinya.

Perlu diperhatikan bahwa kemeja biru tua atau biru navy tidak cocok dipadukan dengan dasi coklat yang gelap. Jangan memaksakan kombinasi ini kecuali Anda memilih dasi berwarna coklat muda atau pucat.

Namun, bukan berarti dasi abu-abu tidak bisa menambah kesan apa pun pada kemeja biru. Bila kita memilih pola dasi yang menonjol seperti kotak-kotak, tartan, dan paisley, maka pesonanya akan muncul.

Kombinasi kemeja biru dan dasi abu-abu juga memiliki kesan serius. Kuncinya adalah pilih kedalaman warna kemeja untuk menghasilkan kontras yang sesuai dan dasi yang lebih gelap, karena kombinasi ini menghasilkan tampilan yang cerdas.

Sebaliknya, dasi bermotif ringan dengan warna abu-abu terang di atas kemeja biru muda akan memberi Anda estetika bersahaja yang tidak menonjol.

Karena dekat dengan roda warna, biru dan hijau berpadu satu sama lain. Hasilnya, Anda mendapatkan tampilan yang terkesan ringan dan lincah.

Ambil contoh, padukan kemeja berwarna biru muda dengan dasi warna green hunter atau hijau gelap kekuningan. Perpaduan duo ini cocok untuk berbagai acara di siang hari, baik formal maupun sedikit kasual.

Sedangkan, warna dasi hijau yang lebih dalam akan cocok untuk tampilan di suasana yang lebih gelap dan dingin.

Pertama, harus disadari bahwa dasi hitam solid dengan kemeja biru bukanlah pilihan paduan terbaik, terutama yang berbahan sutra.

Sebagai gantinya, pilihlah warna kemeja biru pucat yang mendekati putih. Kita juga bisa juga mencari dasi hitam yang berpola untuk mengurangi benturan warna.

Bagus juga untuk memadukan kemeja biru dan dasi hitam ini dengan setelan jas bermotif. Setelan kotak-kotak, misalnya, akan menjadi pilihan yang sangat baik.

Paduan biru dan emas akan memberikan kesan menarik, karisma, dan kepribadian yang gaya, ideal untuk pakaian pesta formal apa pun.

Jika khawatir dengan perpaduannya, pilihlah warna biru muda dan gunakan dasi emas dengan pola halus.

Meski begitu, sebenarnya ada banyak peluang penataan gaya menggunakan dua warna ini. Anda misalnya bisa mengenakan dasi ungu dengan kemeja biru muda untuk tampilan formal monokromatik. 

Untuk beberapa kombinasi lain, cobalah dasi ungu dengan kemeja biru dalam warna yang lebih gelap. Kenakan dasi ungu, kemeja kotak-kotak biru, dan kombinasi jas biru tua untuk tampilan yang lebih bebas.

Menariknya, pilihan acara untuk perpaduan ini sangat banyak, mulai suasana santai hingga formal. Bagian terbaiknya adalah hampir setiap pola dasi merah muda akan cocok dengan kemeja biru.

Namun untuk mendapatkan tampilan yang lebih keren, kemeja biru pucat atau biru muda adalah pilihan yang paling masuk akal.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat mencocokkan kemeja biru dengan dasi

Kemeja biru pada dasarnya selalu terlihat keren. Hanya saja ada beberapa pertimbangan ketika kita akan mencocokannya dengan dasi.

Pertama adalah memilih warna baju biru yang tepat. Umumnya, kemeja berwarna biru muda tidak akan pernah salah. Warna ini memberikan kontras yang diperlukan dengan hampir semua warna dasi.

Kita juga bisa memilih kemeja biru tua dan memberikan kontras antara warna kemeja dan jas.

Pertimbangkan juga warna kulit dan rambut Anda. Sekali lagi, kemeja biru muda adalah pilihan terbaik untuk semua jenis kulit dan rambut.

Pertama, ada banyak corak biru. Anda dapat dengan mudah memadukan dua warna biru yang berbeda, seperti kemeja biru muda dan dasi biru tua, untuk menciptakan tampilan monokromatik formal.

Anda juga dapat mencocokkan warna analog (warna yang bersebelahan pada roda warna) dengan kemeja biru Anda. Warna dasi seperti itu akan memiliki nuansa hijau dan ungu yang berbeda.

Warna triadik (tiga warna dengan jarak yang sama pada roda warna) untuk biru adalah merah dan kuning. Keserbagunaan warna biru membantu memperluas warna dasi yang serasi dengan nuansa seperti merah anggur, merah marun, dan emas.

Terakhir, warna pelengkap untuk biru (warna yang berlawanan dengan biru pada roda warna) adalah warna oranye dan coklat.

Psikologi warna untuk suasana berbeda

Betapapun elegannya Anda memadukan kemeja dan dasi biru, percuma saja jika tidak sesuai dengan acara. Jadi, hal terpenting di sini adalah memahami pesan yang disampaikan setiap warna.

Kemeja biru dan dasi biru tua, menggambarkan urusan yang serius. Di sisi lain, dasi merah melambangkan kekuasaan dan otoritas.

Ganti dasi biru tua dengan warna kuning, maka itu akan menghasilkan kombinasi yang meriah.

Kita perlu juga memperhatikan aturan berpakaian. Kenakan warna dasi monokromatik solid untuk dresscode yang lebih resmi. Sementara pola dan warna yang lebih berani cocok untuk situasi yang tidak terlalu formal.

Warna sesuai cuaca

Mencocokkan warna dasi dengan musim atau cuaca adalah cara untuk tampil elegan.

Saat petang atau malam yang lebih dingin, cocok mengenakan warna-warna lembut dan kalem. Coklat, hijau tua, dan biru laut merupakan warna dasi untuk cuaca yang sejuk.

Sebagai perbandingan, untuk suasana yang lebih ceria, misalnya pagi dan siang hari, kita bisa mengenakan warna yang lebih cerah dan cerah. Di sini, warna pink, kuning, dan lavender menjadi warna dasi yang serasi untuk kemeja biru.

Meski demikian, beberapa warna tidak tergantung cuaca. Biru dan biru tua adalah beberapa pilihan untuk tampilan di semua suasana.

Demikian pula, pola dasi yang lebih kecil atau lebih besar dibandingkan pola kemeja harus dipertimbangkan akan membantu menghindari kekacauan visual, dan sebaliknya.

Anda dapat mengenakan berbagai jenis pola agar aman dalam berbusana. Misalnya, kenakan dasi polkadot dengan kemeja biru bergaris.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/09/153739220/pilihan-warna-dasi-untuk-kemeja-biru-mana-yang-paling-cocok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke