Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Pakaian yang Membuatmu Tampil Lebih Menarik

Kompas.com - 30/01/2024, 09:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Orang mengatakan kecantikan itu tergantung pada siapa yang melihatnya. Hal tersebut ada benarnya karena setiap orang memiliki selera masing-masing.

Namun hal tersebut tidak menghentikan para peneliti untuk mencoba menjawab pertanyaan tentang apa yang membuat seseorang menarik bagi orang lain. 

Tentu saja, ada banyak cara untuk menarik lawan jenis atau orang lain, namun salah satu yang paling jelas adalah melalui apa yang kita kenakan —dan ternyata, warna pakaian memainkan peran penting. 

Baca juga: Warna yang Bikin Wanita Terlihat Lebih Langsing dan Menarik, Mau Coba?

Sebuah studi baru-baru ini mengamati fenomena pilihan warna dan menemukan bahwa ada rona tertentu yang bisa membuat seseorang terlihat lebih atraktif di mata orang lain. 

Ada banyak hal yang bisa membuat kamu tampil lebih menarik

Gagasan tentang daya tarik kerap berubah tergantung pada sejumlah faktor berbeda. Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menemukan bahwa warna mata tertentu lebih menarik dibandingkan warna lain: biru untuk pria dan cokelat untuk wanita. 

Sebelumnya, pada tahun 2021, peneliti menemukan bahwa nama pun dapat membuat seseorang lebih menarik, di mana Anna menjadi nama paling umum di antara model terkenal, dan David atau Dave menjadi nama paling umum di antara model pria.

Tentu saja, daya tarik juga berubah selama pandemi. Sebuah penelitian pada Januari 2022 menemukan bahwa memakai masker wajah medis berwarna biru dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik di mata orang lain. Namun ternyata, warna masker wajah bukanlah satu-satunya warna yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga: Masker Medis Biru Bikin Penampilan Pria Jadi Lebih Menarik, Percaya?

Ilustrasi priag-stockstudio Ilustrasi pria

Mengenakan warna tertentu bisa membuat kamu tampil lebih menarik

Jika kamu ingin meningkatkan tingkat daya tarik melalui sesuatu yang sederhana seperti warna pakaian, kamu beruntung. 

Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Color Research & Application berupaya menentukan warna apa yang dianggap paling menarik yang dapat dikenakan seseorang. 

Para peneliti dalam penelitian ini memilih 14 warna Pantone untuk dievaluasi berdasarkan warna yang paling sering disebutkan dalam penelitian sebelumnya, dan mengumpulkan 146 responden untuk mengisi kuesioner online mengenai daya tarik suatu warna.

Menurut penelitian, warna yang paling menarik dari segi fashion adalah hitam. Warna paling menarik kedua adalah merah jambu atau pink, disusul warna kuning. 

Di sisi lain, dua warna paling tidak menarik yang dapat dikenakan seseorang adalah abu-abu, diikuti oleh coklat sebagai “warna paling tidak menarik”, kata para peneliti.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Penampilan Jadi Kurang Menarik, Apa Saja?

Warna hitam semakin populer untuk pakaian dalam beberapa tahun terakhir

Hitam biasanya tidak menduduki puncak daftar preferensi warna dalam studi sebelumnya, “karena warna hitam sering dikaitkan dengan asosiasi negatif,” catat studi tersebut. 

Namun para peneliti menjelaskan bahwa mereka bertujuan untuk “menunjukkan tren preferensi warna baru di era digital” untuk studi baru mereka. 

Dan jelas bahwa popularitas warna hitam telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir —baik di kalangan desainer maupun konsumen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com