Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Warna Bisa Menunjukkan Kepribadianmu, Coba Buktikan

Kompas.com - 17/01/2024, 15:16 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Saat kecil, kamu mungkin sering ditanya apa warna favoritmu. Nah, walau tidak banyak yang menanyakan pertanyaan itu lagi saat ini, namun ketertarikan terhadap warna tersebut mungkin terlihat dari pilihan pakaian atau warna rumah dan barang-barangmu. 

Menariknya, ternyata warna favorit di masa dewasa bisa dikaitkan langsung dengan kepribadian seseorang. Jika tidak percaya, cobalah cocokkan penjelasan di bawah ini dengan dirimu.

Biru

Ilustrasi perempuan berbaju biru Ilustrasi perempuan berbaju biru
Biru adalah warna paling populer di dunia. Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh YouGov menanyakan kepada orang-orang di 10 negara di empat benua apa warna favorit mereka, dan biru adalah warna nomor satu yang disebut di setiap lokasi.

"Daya tarik universal dari warna ini kemungkinan besar karena hubungannya dengan langit dan air," jelas Lisa Lawless, PhD, psikoterapis dan CEO Holistic Wisdom. Dalam hal ini, warna biru membangkitkan perasaan rileks dan tenang.

Dan orang-orang yang tertarik pada perasaan-perasaan tersebut sering kali adalah mereka yang mempunyai empati, jujur, dapat diandalkan, dan pemecah masalah yang kuat, kata Michele Goldman, psikolog dan penasihat media Hope for Depression Research Foundation.

Biru juga menandakan bahwa kamu dapat dipercaya. Faktanya, seperti yang dicatat oleh Lawless, penelitian menunjukkan bahwa mengenakan warna biru membuat kita terlihat lebih dapat dipercaya oleh orang lain. Ini juga mengapa perusahaan bisnis seperti bank cenderung menggunakan warna ini.

Namun, jenis warna biru yang disukai seseorang dapat menambah nuansa pada tipe kepribadian mereka. 

“Warna biru muda terhubung dengan individu yang santai dan damai,” kata Lawless. “Biru langit cenderung memancarkan semangat yang lebih berjiwa bebas dan optimis, dan biru pirus sering dikaitkan dengan keunikan dan individualitas, sedangkan biru kobalt menyampaikan kepribadian yang bersemangat dan energik.”

Salah satu aspek negatif dari kepribadian pecinta warna biru adalah "orang-orang ini bisa menjadi terlalu banyak berpikir, kritis terhadap diri sendiri, dan kerap memiliki perasaan tidak aman," tambah Goldman.

Baca juga: 8 Warna Terlarang untuk Dipakai ke Kondangan Nikah

Hijau

Ilustrasi perempuan bergaun hijau Ilustrasi perempuan bergaun hijau
Seperti biru, hijau terhubung dengan alam. Dalam hal ini, warna biasanya “dikaitkan dengan kesehatan dan keseimbangan,” kata Lawless.

“Orang yang menyukai warna hijau cenderung produktif, bersemangat, cerdas, dan perfeksionis,” jelas Goldman. Dia menambahkan bahwa sikap kepala dingin penyuka warna hijau bisa menenangkan diri mereka sendiri dan orang lain.

Tentu saja ada banyak corak warna ini. Penyuka hijau zaitun "cenderung merupakan mediator yang baik serta menghargai keseimbangan dan stabilitas," ujar Lawless. 

Hijau zamrud dikaitkan dengan kepercayaan diri dan ambisi, sedangkan hijau mint dikaitkan dengan kebaikan, optimisme, dan kelembutan.

Tapi jangan lupa bahwa hijau juga kerap diasosiasikan dengan uang. Goldman menyebut bahwa kepribadian penyuka hijau yang cenderung pekerja keras dan analitis dapat membuat mereka menjadi posesif, tidak sabar, dan materialistis.

Ungu

Ilustrasi pria dalam setelan ungu Ilustrasi pria dalam setelan ungu
Ungu adalah warna mewah dan melambangkan kebangsawanan. “Ungu cenderung cerah dan kuat, warna yang berani untuk mereka dengan kepribadian yang berani,” kata Goldman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com