Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2024, 18:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Jeans atau denim adalah jenis pakaian yang paling mendunia. Hampir semua orang memilikinya dan memakainya di berbagai kesempatan. 

Meski selalu gampang dipadukan dengan pakaian lain, masih banyak orang yang bertanya: Apakah warna yang paling cocok dipakai bersama jeans? 

Menurut Ryan Thompson, pakar gaya dan editor Men's Flair, denim sebenarnya adalah kanvas netral, menjadikannya sangat gampang dipakai dengan beragam warna. Namun ada warna-warna yang dianggap paling cocok dipadukan dengan bahan ini. Apa saja?

1. Merah

“Merah akan terlihat bagus dipadukan dengan jeans berwarna terang, gelap, bahkan dengan jeans hitam. Kita bisa memadukannya dengan sepatu pantofel hitam tebal, baju berkancing putih, dan luaran merah. Ini akan menjadi tampilan klasik yang menawan," kata Ashley Full, pendiri butik Amour 781.

Kuncinya adalah memilih warna merah yang cocok dengan kulitmu. Orang dengan rona kulit lebih sejuk sebaiknya memilih warna merah dengan rona dasar kebiruan, sedangkan orang dengan kulit lebih hangat sebaiknya memilih warna merah dengan rona lebih oranye.

Amrita Harbajan, seorang konsultan gambar dan konsultan gaya, juga mencatat bahwa warna merah menambahkan semburat yang menyenangkan dan memberi kegembiraan saat dipadukan dengan jeans. “Saya akan mengenakan jeans dengan blazer merah atau bahkan sepatu pumps merah,” katanya. 

Tracy Cheng, penata gaya pribadi dan pendiri blog mode Girl Shares Tips, mengatakan warna merah tua seperti merah burgundy dan merah marun sangat mencolok dengan denim dan menambah sentuhan kemewahan. 

Dia menyarankan atasan berwarna burgundy dengan bahan bertekstur seperti beludru atau sutra untuk dipakai dengan jeans medium-wash. Kita juga bisa mencoba sweater atau kemeja merah kotak-kotak dengan jeans warna gelap untuk kombinasi kasual-chic.

Baca juga: Aturan Mengenakan Jeans Putih

2. Putih

Jika ragu memilih warna, para ahli menyarankan untuk memadukan jeans dengan warna putih. Elizabeth Kosich, pendiri Elizabeth Kosich Styling, mencatat bahwa kombinasi ini menciptakan kanvas yang sempurna untuk menampilkan aksesori seperti ikat pinggang, dompet, atau perhiasan.

“Cobalah tank top putih sederhana dan jubah kimono berornamen dari beludru atau sutra, atau tunik putih sederhana dengan kalung yang menutupi sepertiga dada,” sarannya. "Tampilan ini bahkan cocok dengan kemeja putih bersih, tas tangan motif tutul, dan sepatu flat merah."

Cheng mencatat bahwa warna putih menawarkan kontras yang bersih dan segar dengan jeans apa pun. Bila mengenakan jeans berwarna terang, dia menyarankan kemeja putih berkancing dan sepatu flat berujung lancip untuk mempercantik penampilan. Lalu untuk jeans medium-wash, cobalah kaus putih dengan sepatu kets atau sepatu bot trendi. Padukan jeans yang lebih gelap dengan blus putih sutra dan sepatu berhak.

Ilustrasi pria dan celana jeanseranicle Ilustrasi pria dan celana jeans

3. Hijau zaitun

Thompson merekomendasikan untuk memadukan jeans dengan warna hijau zaitun— warna bersahaja yang menurutnya sangat cocok dipadukan dengan jeans warna medium hingga gelap.

"Cobalah jaket berwarna zaitun dengan jeans gelap dan sepatu bot untuk tampilan luar ruangan yang chic," tambah Joe Manktelow-Pimm, pakar gaya dan editor 7Gents.

Sebagai alternatif, Carol Himelhoch, pakar mode, menyarankan untuk mengenakan sweater hijau zaitun dengan jeans gelap, ikat pinggang kulit, dan perhiasan dengan aksen batu alam untuk suasana yang santai. 

Berpakaian untuk acara yang lebih elegan? Cobalah blus satin hijau zaitun dengan jeans hitam dan sepatu hak tinggi berbahan suede.

Baca juga: Ketahui Jenis Celana Jeans dari Proses Produksi, Warna, dan Bentuknya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com