Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna yang Cocok Dikenakan Saat Kencan Pertama, Jangan Salah

Kompas.com - 17/01/2024, 19:30 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kencan pertama selalu membuat kita deg-degan. Bahkan jauh hari sebelumnya kita seringkali sudah merasa gugup soal pemilihan tempat, topik pembicaraan, hingga pakaian apa yang akan dikenakan. 

Di momen istimewa ini, tidak dipungkiri kita pasti ingin tampil mengesankan. Karenanya memikirkan baju yang akan dipakai kerap membuat kita gundah.

Apakah kemeja hitam terlalu membosankan? Apakah gaun merah terlalu berani? Apakah blazer pink terkesan genit?

Nah, sebelum menentukan pakaian yang akan dikenakan, pikirkan juga warnanya karena tiap warna dapat mengirimkan pesan yang berbeda.

“Otak kita lebih tertarik pada warna-warna yang berani, bersemangat, dan hangat. Hal ini karena warna-warna ini diasosiasikan dengan energi, rangsangan, dan kehidupan,” kata Laura Wasser, pakar hubungan di Divorce.com. 

Baca juga: Pilihan Warna Bisa Menunjukkan Kepribadianmu, Coba Buktikan

Lalu warna apa yang harus dipakai saat kencan pertama?

1. Kenakan warna merah untuk memancarkan kepercayaan diri dan gairah

Ilustrasi pasangan LDR.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pasangan LDR.
Merah adalah warna yang cocok dikenakan saat kamu ingin memberi kesan. Lihatlah film-film romantis yang kerap menampilkan perempuan dengan busana merah yang menawan.

“Mengenakan warna merah pada kencan pertama menunjukkan gairah, kegembiraan, dan kepercayaan diri,” kata Wasser.

“Merah adalah warna cinta dan hasrat, yang dapat membangkitkan perasaan tertarik dan gairah. Ini adalah pilihan yang berani yang memberikan kesan kuat, membuat pemakainya menonjol dan mengesankan.”

Namun kamu mungkin tidak ingin terlalu mencolok dengan warna merah. “Ya, kita tentu tidak ingin berlebihan pada kencan pertama,” kata Jessica Alderson, pakar hubungan dan salah satu pendiri So Syncd. 

"Karenanya kami tidak menyarankan memakai gaun satin merah dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sebaliknya, pilihlah pakaian yang memberi statement seperti blazer atau gaun yang memberikan kesan cerah pada penampilanmu."

2. Pakai biru jika ingin terlihat dapat dipercaya

Ilustrasi kencanvadimguzhva Ilustrasi kencan
Biru bisa menjadi warna yang sangat menenangkan, itulah sebabnya para perawat memakainya. “Ini juga salah satu warna yang paling populer, sehingga akan mendukung penampilanmu di berbagai suasana,” kata Fiona Eckersley, pelatih kepercayaan diri dan pakar kencan.

Faktanya, studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT) menemukan bahwa warna biru membuat orang lebih mempercayai kita.

"Jika kamu ingin tampil anggun dan serasi, biru tua adalah warna yang tepat. Saat dipadukan dengan putih, warnanya akan terlihat sangat kuat, dan jika dipadukan dengan benar, biru tua akan terlihat klasik namun modern dan menawan."

Baca juga: 5 Warna yang Sebaiknya Tidak Dipakai Saat Kencan Pertama

3. Gunakan hitam untuk memberi kesan elegan

ilustrasi jenis-jenis love language.iStockPhoto/filadendron ilustrasi jenis-jenis love language.
Ada alasan mengapa gaun hitam menjadi pakaian yang kerap dipilih untuk kencan malam. “Mengenakan warna hitam pada kencan pertama menunjukkan kecanggihan, kekuatan, dan keanggunan,” kata Wasser. "Hal ini juga dapat menunjukkan kesan percaya diri dan otoritas, yang dapat menarik bagi sebagian individu."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com