Kompas.com - 18/04/2022, 19:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar orang tentu ingin memiliki tampilan yang menarik.

Tak heran, jika berbagai cara dicoba untuk terus menjaga penampilan agar terlihat keren dan tetap menarik di depan orang lain.

Kendati demikian, meskipun kita sudah mencoba berbagai cara untuk bisa tampil menarik, ada kebiasaan yang ternyata dapat merusak semua itu.

Para peneliti menemukan bahwa kebiasaan atau gaya hidup tertentu dapat membuat kita terlihat kurang menarik.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak lima kebiasaan yang bikin penampilan kita jadi kurang menarik, seperti berikut ini.

1. Tidak cukup tidur 

Menurut sebuah studi tahun 2017, kurang tidur dua malam saja bisa membuat seseorang terlihat tidak menarik.

Peneliti meminta peserta studi untuk menilai serangkaian foto orang berdasarkan daya tarik mereka. Hasilnya, subjek foto yang kurang tidur dinilai kurang menarik dibandingkan orang yang tidur delapan jam penuh.

"Wajah yang sehat dan menarik ditandai dengan tingkat kecerahan tertentu, yang pada gilirannya menunjukkan peningkatan vasodilatasi dan vaskularisasi," tulis para peneliti.

"Aliran darah ke kulit sangat didorong oleh tidur dan vasodilatasi ini mungkin menjadi cara bagi tubuh untuk memfasilitasi distribusi agen pertahanan endogen."

"Akibat kurang tidur, aliran darah ke kulit berkurang sehingga para penilai melihat wajah akan lebih pucat setelah tidak tidur," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.