Kompas.com - 15/11/2021, 13:21 WIB

KOMPAS.com - Waktu tidur yang memadai memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk kondisi kulit dan rambut.

Dokter kulit berlisensi Hope Mitchell mengatakan, proses pembaruan, perbaikan dan pemulihan kulit terjadi pada malam hari.

Di waktu tersebut, tingkat metabolisme kulit akan meningkat, sehingga pergantian sel dan produksi sel baru juga meningkat.

Menurutnya, kurang tidur akan mengakibatkan penurunan sekresi hormon pertumbuhan somatotropin yang bertanggung jawab memperbaiki sel-sel yang rusak dan menjaga elastisitas kulit.

Baca juga: Tanda Kita Kurang Tidur Selain Sering Menguap

Dokter kulit dan profesor Rajani Katta menyebut, saat kita tertidur, tubuh kita akan menyembuhkan diri dari luka.

"Pikirkan seberapa cepat tubuh kita dapat sembuh dari luka, dan satu hari kemudian semua bekas luka itu hilang," ucapnya.

"Saat kita tidak tidur, kita merusak sistem pesan yang mengirim sel-sel yang akan memperbaiki kerusakan pada penghalang kulit," tambah Katta.

Sebaliknya, tubuh kita justru mengirimkan lebih banyak sitokin inflamasi yang memicu jerawat dan ruam.

Rebecca Robbins, ilmuwan tidur di Brigham and Women's Hospital dan instruktur kedokteran di Harvard Medical School merujuk pada sebuah studi tahun 2020.

Dari studi tersebut terungkap wanita berusia 40 tahun hanya tidur empat jam semalam selama enam hari. Durasi ini adalah durasi tidur terlama yang diperoleh kebanyakan orang.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Sulit Tidur?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.