Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Hybrid Makeup 2024, Fokus Pada Pencegahan Masalah Kulit

Kompas.com - 07/02/2024, 15:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah kulit menjadi tantangan utama yang seringkali harus dihadapi oleh para pengguna produk makeup atau kosmetik.

Berdasarkan survei Mintel Global Consumers Data September 2023, sebanyak 61 persen orang Indonesia memiliki masalah utama kulit, yakni jerawat.

Hal itu tentunya dapat mempengaruhi mereka dalam penggunaan makeup guna mengurangi potensi masalah kulit yang berkelanjutan.

Namun dengan kehadiran hybrid makeup - atau produk kosmetik yang memadukan manfaat dan bahan-bahan skincare (skincare-infused ingredients) - orang-orang tetap bisa tampil cantik dengan kulit yang sehat.

Baca juga: Lip Cream Hybrid dengan Kandungan Pelembap, Cegah Bibir Pecah-pecah

Tren hybrid makeup 2024

Memasuki tahun 2024, hybrid makeup masih menjadi tren yang diminati. Tak sedikit pula merek kecantikan yang akhirnya berinovasi dengan produk yang memiliki manfaat dan bahan-bahan seperti skincare.

Part Leader Strategic Marketing PT Cosmax Indonesia, Clara Insaniputri mengatakan, merek kosmetik saat ini menawarkan produk-produk yang memberikan mutual benefit baik itu hidrasi, melembapkan, sekaligus perlindungan terhadap sinar matahari.

"Jadi tidak hanya proteksi tetapi juga nourish skin, karena konsumen di Indonesia sendiri lebih banyak yang fokusnya itu ke preventif skincare," jelasnya kepada Kompas.com, saat ditemui dalam konferensi kecantikan Cosmax Innovation Conference 2024 di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Menurut Clara, produk kosmetik yang digunakan harus memiliki manfaat lebih sehingga dapat mencegah masalah kulit dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, ada produk kosmetik untuk bibir (lip product) yang menambahkan bahan-bahan dalam skincare, bahkan SPF untuk menciptakan bibir yang lebih sehat.

"Produk concealer juga kini menggunakan acne skincare benefit agar semua orang bisa tetap cantik dengan menggunakan makeup, dan sesuai dengan gaya maupun kebutuhan mereka," jelas Clara.

"Tren kecantikan tahun ini benar-benar didominasi dengan produk yang consumer based. Ada juga yang sudah menggunakan teknologi dalam variannya," imbuhnya.

Baca juga: Hybrid Makeup, Kosmetik Modern Paduan Khasiat Skincare dan Makeup

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com