Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 05:48 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merawat sepatu ternyata tidak semudah membelinya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti proses mencuci.

Untungnya, saat ini sudah banyak tempat yang menawarkan jasa cuci sepatu atau yang juga disebut sebagai laundry sepatu.

Tak hanya mencuci, beberapa tempat laundry sepatu menyediakan layanan khusus untuk memperbaiki sepatu (repair) hingga pengecatan ulang (repaint).

Nah, bagi kamu yang sedang mencari tempat cuci sepatu di Jakarta, Kompas.com pun telah merangkum rekomendasinya sebagai berikut.

Rekomendasi tempat cuci sepatu di Jakarta

1. Shoes & Care

Berdiri sejak tahun 2013 di Yogyakarta, Shoes & Care menawarkan berbagai layanan laundry sepatu, mulai dari cuci sepatu (fast dan deep cleaning), repair, dan juga repaint.

Didirikan oleh dokter dan pebisnis, Tirta Mandira Hudhi, Shoes & Care juga merambah tokonya di luar Yogyakarta, tepatnya di Jakarta pada tahun 2014 lalu.

Menurut salah satu staf laundry di Shoes & Care Pasar Santa, Jakarta Selatan, Heru, untuk fast cleaning pelanggan hanya perlu menunggu 30 menit sampai dengan satu jam.

Sementara deep cleaning, estimasi waktu sepatu selesai dibersihkan sekitar tiga hingga lima hari.

"Kalau fast cleaning itu kan cuci kering, jadi cuma dibersihkan bagian luarnya," katanya kepada Kompas.com, Jumat (16/2/2024).

"Sedangkan deep cleaning, pencucian dari mulai outsole, midsole, sampai dengan insole, talinya juga dilepas," ujar Heru.

Soal biayanya, untuk fast cleaning Heru menyebutkan kisaran harga dibanderol mulai dari Rp 30.000, tergantung tingkat kesulitan dan seberapa kotor sepatu. Sedangkan deep cleaning harganya dipatok sekitar Rp 100.000.

Untuk perawatan lainnya, seperti repair dan repaint memiliki harga sekitar Rp 185.000 sampai Rp 200.000-an.

Baca juga: Perhatikan, Cara Membersihkan Sepatu Berdasarkan Materialnya

Tempat yang menawarkan jasa cuci dan perawatan sepatu bernama Rockickz yang berlokasi di lantai dasar Pasar Santa, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Tempat yang menawarkan jasa cuci dan perawatan sepatu bernama Rockickz yang berlokasi di lantai dasar Pasar Santa, Jakarta Selatan.

2. Rockickz

Selanjutnya ada Rockickz yang terletak di lantai dasar Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Rockickz juga menawarkan beberapa pilihan layanan seperti dry clean, repair serta repaint. Salah satu staf bernama Audy mengatakan, untuk kisaran harga bervariasi untuk repair dan repaint.

"Kalau untuk cuci sih dari Rp 100.000 sampai Rp 120.000. Yang paling mahal ini biasanya untuk yang materialnya suede atau dominan putih, krem, dan warna-warna lainnya yang mudah kotor," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com