Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2024, 20:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepatu dapat dengan mudah kotor dan bernoda, terlebih jika kita sering menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, supaya sepatu kita tetap bersih dan terawat, maka kita perlu secara rutin membersihkan atau mencucinya.

Baca juga:

Lalu, berapa hari sekali sebaiknya kita mencuci sepatu? Simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Berapa hari sekali sebaiknya mencuci sepatu?

Sebenarnya tidak ada patokan waktu berapa kali sepatu harus dicuci. Itu semua tergantung pada intensitas pemakaian dan seberapa kotor sepatu.

Menurut salah seorang staf di tempat cuci sepatu Rockickz bernama Audy, biasanya pelanggan akan mencuci sepatu mereka bila sudah tidak nyaman dilihat maupun dipakai.

"Kalau di sini ada pelanggan yang sepatunya baru dikembalikan, terus beberapa hari kemudian dibawa lagi untuk dicuci," terangnya kepada Kompas.com saat ditemui di kiosnya yang berlokasi di Pasar Santa, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Baca juga:

Ia menambahkan, tidak hanya sepatu kusam yang perlu dicuci. Terkadang, sepatu yang ketumpahan makanan atau minuman juga harus segera dicuci.

Sementara staf laundry sepatu di Shoes & Care Pasar Santa, Heru menyarankan untuk mencuci sepatu setidaknya dua kali dalam seminggu jika sering dipakai.

"Mencuci sepatu secara rutin juga membantu umurnya lebih panjang. Paling baik membersihkan sepatu itu cuci kering saja kalau tidak kotor banget," ujarnya.

Namun, Heru mengingatkan agar kita memperhatikan jenis sepatu sebelum mencucinya.

"Untuk sepatu berjenis kanvas bisa dicuci dengan sabun biasa, tetapi sepatu kulit biasanya memerlukan sabun cuci khusus," imbuh dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com