Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Memperhatikan Sol Saat Memilih Sepatu Lari

Kompas.com - 17/02/2024, 15:48 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tren berlari terus meningkat setiap tahunnya, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan mental. 

Meskipun ada berbagai jenis olahraga untuk meningkatkan kesehatan, olahraga lari termasuk yang paling populer dengan telah diselenggarakannya 160 acara lari selama tahun 2023 dan 51 acara lari yang dijadwalkan untuk tahun 2024 ini. 

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap olahraga lari terbukti semakin meningkat, meski masih banyak orang yang melihatnya hanya sebagai tren belaka.

Yang patut dicermati adalah bahwa mengikuti acara lari memerlukan perhatian serius pada beberapa faktor utama, termasuk edukasi tentang teknik berlari dan pemilihan sepatu lari yang tepat untuk kebutuhan individu. 

Memilih sepatu lari

Soal memilih sepatu lari yang tepat memang sudah sering dibahas dan banyak tips disodorkan. Tapi tetap saja tidak mudah melakukannya.

Bagaimana kita bisa memilih sepatu yang ideal ketika jenis dan jumlah sepatu lari di pasaran begitu melimpah, dimana seri baru dengan teknologi terkini dihadirkan setiap saat? 

Membuat keputusan ini bisa menjadi sangat rumit jika kita kurang memiliki pengetahuan soal sepatu lari, jadi sangat penting untuk mengetahui poin-poin umum tertentu setiap kali kamu mengunjungi toko untuk mendapatkan sepatu lari yang tepat.

Meski begitu, salah satu cara yang kerap luput menjadi perhatian padahal sangat penting dijadikan rujukan adalah dengan melihat sol sepatunya.

Baca juga: Bagaimana Memilih Sepatu Lari yang Tepat?

Sol adalah jiwa dari sepatu

Bantalan sepatu yang menentukan kenyamanan saat pemakaian adalah sol sepatu, yang terdiri dari insole, middle sole, dan outsole. Kualitas sol menentukan keseluruhan struktur sepatu; atau bisa diibaratkan sebagai jiwa sepatu. 

Kekuatan dan daya tahan sol menentukan performa sepatu. Jika kekuatan solnya bagus, maka umur sepatunya juga bagus dan tahan lama. Sedangkan bahan, elastisitas, dan ketebalan sol menentukan kenyamanan sepatu saat dipakai berlari, serta bagaimana ia meredam benturan atau mengubahnya menjadi daya lontar.

Insole

Jika kita berbicara tentang kenyamanan sepatu, maka insole tidak boleh dilupakan karena kaki kita bertumpu padanya. Insole harus didesain dengan baik agar konsumen mendapatkan kenyamanan maksimal saat melakukan segala aktivitas berat seperti lari, gym, jogging, dan lain sebagainya.

Insole juga berfungsi menyerap guncangan dengan memberikan bantalan. Insole yang kurang bagus bisa menyebabkan lecet dan rasa tidak nyaman saat berlari.

Outsole

Outsole adalah bagian luar sepatu yang bersentuhan langsung dengan aspal atau tanah. Outsole digunakan untuk mencengkeram permukaan agar kita tidak mudah slip atau terpeleset saat berlari.

Outsole juga berfungsi sebagai pelindung dan memberikan traksi saat berlari. Kebanyakan outsole dibuat dari PU atau karet.

Midsole

Seperti namanya, midsole berada di antara insole dan outsole dan memberikan bantalan yang lebih empuk dibanding insole. Midsole adalah bantalan yang menentukan tinggi sepatu dan berfungsi untuk menyerap guncangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com