Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2024, 18:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepatu lari menjadi hal yang wajib dimiliki untuk menunjang aktivitas lari, tak hanya untuk pelari profesional terapi juga para pemula.

Sepatu lari yang baik dapat membantu meningkatkan performa, sekaligus mencegah terjadinya cedera.

Masa pakai sepatu lari setiap individu bisa berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan dan jarak tempuh lari.

Baca juga:

Namun, kita tetap perlu mengganti sepatu lari, karena seiring berjalannya waktu, kualitasnya aman berkurang sehingga mempengaruhi performa saat berlari.

Lalu, kapan harus ganti sepatu lari? Berikut ulasannya.

Kapan harus ganti sepatu lari?

Sebenarnya tidak ada patokan waktu kapan sebaiknya kita harus mengganti sepatu lari.

Tetapi, menurut pelari Indonesia Triyaningsih, sepatu lari perlu diganti saat jarak tempuh sudah sampai di 400-600 kilometer (km).

"Tergantung juga ya kita punya berapa pasang sepatu, karena kalau hanya punya satu ya yang akan dipakai sepatu itu saja," ucap Tri dalam acara peluncuran Fuelcell New Balance SuperComp Elite v4 di Mal Senayan City, Jakarta, Senin (12/2/2024).

Baca juga:

Jika memang berkomitmen untuk rutin lari, Tri menyarankan agar kita punya lebih dari sepasang sepatu agar bisa menggunakannya secara bergantian.

"Dengan adanya pergantian itu juga bisa memperpanjang masa waktu sepatu untuk dipakai," sambungnya.

Deretan koleksi sepatu terbaru New Balance SuperComp Elite v4 di Planet Sports Mal Senayan City, Jakarta, Senin (12/2/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Deretan koleksi sepatu terbaru New Balance SuperComp Elite v4 di Planet Sports Mal Senayan City, Jakarta, Senin (12/2/2024).

Sementara itu, NBRC (New Balance Run Club) Representative Indonesia, Fardhuzi Meiza Putra menambahkan, sepatu lari bisa diganti ketika sudah mencapai jarak tempuh 400 km, atau maksimal 800 km.

Menurut pria yang akrab disapa Osi itu, sepatu lari yang sudah melebihi 800 atau 1.000 km biasanya sudah sangat aus sehingga perlu diganti karena dapat menimbulkan cedera.

"Ya 1000 km itu sudah aus banget bisa bikin cedera. Cuma, kalau untuk pelari kantoran sih maksimal di 600-700 km sudah cukup," terangnya.

Baca juga:

Ia pun menganjurkan untuk berinvestasi pada sepatu lari berteknologi tinggi.

Sebab, selain lebih tahan lama, sepatu dengan fitur khusus juga dapat menunjang performa lari yang lebih baik.

"Kalau memang mau pakai sepatu yang biasa ya tidak apa-apa, tapi apakah itu akan mengoptimalkan kemampuan kita atau tidak?" imbuh dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com