Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Pantangan Setelah Melakukan Facial? Ini Jawabannya

Kompas.com - 13/03/2024, 16:16 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara yang dinilai ampuh untuk membuat kulit wajah terbebas dari jerawat dan komedo adalah facial di klinik kecantikan. Pasalnya, facial dapat membantu mengangkat komedo dan jerawat dengan bersih, bahkan sampai ke akar. 

Namun, setelah melakukan facial wajah, biasanya akan muncul pertanyaan terkait pantangan apa saja yang harus dilakukan agar kondisi kulit tak kembali seperti semula. 

Dalam hal ini, dr. Eddy Widjaja selaku co-founder salah satu klinik kecantikan, Eva Mulia Clinic, mengungkap bahwa seseorang tak perlu melakukan pantangan setelah melakukan facial di klinik kecantikan. 

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan Terbesar Sebelum dan Sesudah Facial

Baca juga: Mengenal PRP Facial, Manfaat, Biaya, hingga Risikonya

Enggak ada (pantangan), hampir enggak ada, sih. Balik lagi ke individu masing-masing dan rutinitas biasanya,” ujar Eddy kepada Kompas.com, saat diwawancarai di kliniknya, Jumat (8/3/2024). 

Bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif, Eddy mengingatkan untuk selalu menggunakan payung atau topi ketika beraktivitas di luar ruangan. 

Sedangkan untuk orang-orang yang tak punya masalah kulit serius, bisa melakukan rutinitasnya seperti biasa. 

Co-founder Eva Mulia Clinic, dr. Eddy Widjaja saat ditemui di kliniknya, Jumat (8/3/2024).KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Co-founder Eva Mulia Clinic, dr. Eddy Widjaja saat ditemui di kliniknya, Jumat (8/3/2024).

“Yang penting jalankan protokol pemakaian skincare. Jaga kebersihan wajah, pola hidup, kalau bisa jangan stres, karena nanti kalau stres, bisa-bisa jerawat muncul lagi,” lanjut Eddy. 

Eddy mengatakan, tak ada pantangan terkait diet atau makanan yang menjadi pantangan. Namun menurutnya, akan jauh lebih baik jika mengurangi konsumsi makanan-makanan berlemak atau berminyak. 

“Makan saja seperti biasa, kalau memang awalnya makan bakso enggak bikin jerawatan, ya makan saja. Tapi kalau bisa ya dikurangi. Namun kalau pantangan sendiri memang enggak ada,” kata Eddy menegaskan. 

Baca juga: 5 Pantangan Setelah Chemical Peeling agar Hasil Maksimal 

Eddy juga menegaskan, tak ada pula pantangan terkait penggunaan makeup. Menurutnya, penggunaan makeup masih boleh dilakukan setelah melakukan treatment wajah di klinik. 

Makeup boleh, silakan saja. Yang tidak boleh itu, enggak bersihin makeup,” pungkasnya sambil terkekeh.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com