Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sepatu Populer Adidas, Berasal dari Lapangan Berbeda, Kini Menjadi Bagian Gaya Hidup

Kompas.com - 06/04/2024, 17:56 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Dari lapangan sepak bola Inggris hingga Paris Fashion Week, dari video musik yang menduduki puncak tangga lagu hingga film laris Hollywood, kita bisa melihat sepatu ikonik Adidas dikenakan di sana. 

Dikenal karena gayanya yang tak lekang oleh waktu, kesederhanaannya, dan branding Three-Stripe yang khas, beberapa sepatu paling populer di dunia dibuat oleh brand asal Jerman itu.

Bagi penggemarnya, adidas lebih dari sekadar sepatu; namun juga artefak budaya. Beberapa modelnya begitu mengakar dalam subkultur tertentu sehingga kini menjadi bagian dari cirinya.

Ambil contoh, sepatu adidas Superstar yang lekat dengan hip-hop atau seri Gazelle dengan pakaian kasual sepak bola, mereka seolah menjadi paket yang saling melengkapi.

Beberapa sepatu adidas memang memiliki kisah dan desain yang membuatnya tetap digemari hingga saat ini.

Berikut adalah seri-seri yang dianggap paling ikonik, baik oleh pecinta mode maupun penggemar olahraga, di mana sepatu-sepatu tersebut berakar.

Baca juga: Kisah Tiga Sepatu Adidas yang Kini Mendunia

Samba

Adidas Samba OG Shoes
Adidas Samba OG Shoes
Kemungkinan besar kamu sudah pernah mendengar atau bahkan memakai Adidas Samba. Sepatu latihan sepak bola yang ramping dan low profile ini sedang mengalami lonjakan popularitas yang sangat besar.

Penjualannya mencapai rekor tertinggi sejak awal tahun 2020-an, dan kita dengan mudah akan melihatnya di kaki orang-orang ke manapun kita pergi. Ini bisa dianggap prestasi untuk sepatu yang sudah memasuki usia 50-an.

Dirancang untuk bermain di lapangan bersalju dan dingin, Samba diluncurkan pada tahun 1972. Sepatu ini memiliki fitur cengkeraman multi arah untuk memungkinkan gerakan kaki cepat di permukaan licin, tumit empuk, dan vamp rendah untuk kontrol bola yang presisi.

Saat ini, Samba lebih populer dipakai di luar lapangan sebagai sepatu lifestyle, terutama karena nyaman, terlihat keren, dan dapat dipadukan dengan berbagai gaya busana.

Gazelle 

Sepatu Adidas Gazelle Sepatu Adidas Gazelle
Jika Samba dilahirkan untuk olahraga luar ruangan, Gazelle dirancang untuk aksi atletik dalam ruangan. Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 1966, sepatu suede ini dengan cepat menjadi sepatu latihan dalam ruangan yang digunakan oleh tim olahraga di seluruh dunia, serta sering digunakan dalam pemotretan editorial mode.

Saat ini, desain Gazelle tetap tidak berubah dan (meskipun ada beberapa jeda produksi) masih tetap populer seperti sebelumnya. Ini adalah sepatu suede sederhana dengan siluet low-profile, branding Three Stripes yang jelas di setiap sisinya, dan lidah timbul sebagai bantalan.

Baca juga: Dirilis Ulang, Adidas Bali Dicari Orang

Stan Smith

Adidas Stan Smith Shoes
Adidas Stan Smith Shoes
Semua merek sneakers premium yang membuat alas kaki berbahan kulit bisa dikatakan berhutang kepada Stan Smith. Sepatu tenis ini memiliki ujung bulat, gaya simpel yang indah dan tanpa detail atau branding nyata selain logo lidah, tab tumit yang kontras, dan tiga garis berlubang halus di setiap sisinya.

Desain sederhana dan clean inilah yang banyak menginspirasi brand-brand lain membuat sepatu putih yang kini menjadi salah satu bagian dari penampilan banyak orang.

Awalnya disebut Halliet berdasarkan pemain tenis Prancis dengan nama yang sama, sepatu ini diluncurkan pada pertengahan tahun 1960an. Setelah pensiun, posisi Halliet diisi oleh pemain Amerika bernama Stan Smith. Nama sepatu tersebut diubah, dan reputasinya menguat ketika Smith menjadi salah satu pemain tenis profesional yang hebat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com