Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan 58 Tahun Pecahkan Rekor Waktu Plank Terlama

Kompas.com - 13/04/2024, 17:37 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber ABC News

KOMPAS.com - Belum lama ini, seorang nenek berusia 58 tahun memecahkan rekor Guinness World Records sebagai perempuan yang paling lama menahan posisi abdominal plank.

DonnaJean Wilde berhasil melakukan plank selana 4 jam 30 menit dan 11 detik di bekas tempat kerjanya, Sekolah Menengah Atas Magrath di Magrath, sebuah kota di Alberta, Kanada, pada tanggal 21 Maret 2024 lalu.

Menurut Guinness, waktu Wilde 10 menit lebih lama dari rekor sebelumnya, yang dibuat pada tahun 2019 oleh sesama warga Kanada, Dana Glowacka.

Baca juga: Tips Berlatih Plank untuk Dapatkan Hasil Maksimal

Untuk mencetak rekor baru, Wilde harus menjaga lengan dan jari-jari kakinya tetap berada di atas tanah setiap saat dan seluruh tubuhnya harus terangkat dari tanah dan tetap lurus selama periode waktu tersebut.

Dikutip dari laman ABC News, pada Sabtu (13/4/2024), Wilde mengatakan bahwa 12 cucunya yang turut hadir saat itu menjadi motivasi terbesarnya untuk memecahkan rekor.

Ia sendiri mulai melakukan plank sekitar 12 tahun yang lalu setelah mengalami cedera pergelangan tangan dan tidak dapat mengangkat beban atau berlari.

Meskipun hidup dengan rasa sakit kronis di tangan dan lengannya, Wilde tetap jatuh cinta pada plank karena ia menyadari bahwa ia dapat melakukan banyak hal sambil melakukan gerakan kebugaran, seperti membaca buku.

"Saya sebenarnya masih tidak percaya. Rasanya seperti mimpi," katanya tentang pemecahan rekor tersebut.

Wilde, seorang pensiunan wakil kepala sekolah dan guru sekolah menengah atas, telah menyelesaikan studi untuk gelar masternya sambil melakukan plank dan terus mempertahankan plank-nya, yang dapat dilakukan hingga tiga jam sehari.

Saat berlatih untuk memecahkan rekor, Wilde mengatakan bahwa ia bahkan melakukan plank hingga enam jam sehari.

"Teruslah mencoba dan terus berlatih. Saat kita harus membaca atau bekerja di depan komputer, berbaringlah di lantai dan lakukan di lantai," imbuhnya.

Baca juga: Berapa Lama Melakukan Plank agar Tubuh Tetap Bugar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com