Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manisnya Aroma Fruity dan Floral dalam Wewangian Modern

Kompas.com - 28/04/2024, 07:12 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Wewangian telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia selama berabad-abad. Aroma-aroma ini tidak hanya mempercantik penampilan kita secara keseluruhan tetapi juga membangkitkan emosi dan kenangan. 

Saat ini ada berbagai pilihan aroma wangi dan digolongkan dalam beberapa kategori, seperti floral, fruity, woody, citrus, oriental, dan lain-lain.

Namun bila kamu ingin mendapatkan keharuman yang manis dan segar, pilihan paling populer adalah aroma fruity atau buah-buahan, dan floral atau bunga. Ingin lebih manis lagi? Campurkan keduanya!

Baca juga: Nilam dan Akar Wangi, Aroma Woody Indonesia yang Bukan dari Kayu

Apakah itu wewangian fruity dan floral?

Seperti namanya, wewangian fruity terdiri dari buah-buahan dan aroma manis lainnya. Wewangian ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai aroma segar dan sweet

Wewangian fruity dapat berupa kombinasi buah citrus seperti lemon, jeruk, grapefruit, dan bergamot atau buah-buahan lain seperti mangga, nanas, peach, dan markisa. Parfum dengan aroma fruity biasanya ringan dan menyegarkan, membuatnya cocok dipakai siang hari atau di hari yang panas.

Sedangkan wewangian floral memiliki keharuman bunga dan dikenal karena aroma feminin dan romantisnya. Aroma bunga yang paling umum termasuk mawar, melati, lily, violet, dan peony. 

Bahan-bahan ini sering dicampur dengan wewangian lain seperti musk atau kayu untuk menciptakan wewangian yang lebih kompleks. Wewangian floral ideal untuk acara-acara khusus karena kesannya yang mewah.

Dalam keluarga floral ada juga yang disebut aroma white floral, umumnya meliputi aroma lili, melati, sedap malam, gardenia, hingga muguet (lily of the valley). 

Ketika aroma ini mendominasi, wewangiannya akan digolongkan sebagai 'white floral' yang memberi kesan feminin, cantik, mempesona, dan elegan. 

Baca juga: Aroma Kayu dalam Parfum, Memberi Kemewahan dan Kehangatan

Ilustrasi aroma citrus dan white flower Ilustrasi aroma citrus dan white flower

Perbedaan wewangian fruity dan floral

Perbedaan utama antara wewangian fruity dan floral adalah aromanya. Wewangian fruity cenderung manis, segar, dan ringan yang cocok untuk dipakai siang hari atau cuaca panas.

Sedangkan wewangian bunga memiliki aroma yang lebih feminin dan romantis sehingga cocok untuk acara-acara khusus petang dan malam hari. 

Wewangian fruity sering diasosiasikan dengan jiwa muda dan energi, sedangkan wewangian bunga diasosiasikan dengan keanggunan dan sensualitas.

Perbedaan lain antara kedua wewangian ini adalah jejak wanginya. Wewangian fruity cenderung lebih cepat hilang dan memerlukan pengaplikasian ulang sepanjang hari. Sebaliknya, wewangian bunga umumnya bertahan lebih lama, hingga beberapa jam.

Baca juga: Mengenal Aroma Floral Fruity Gourmand, Seperti Apa Wanginya?

Bagaimana jika keduanya digabungkan?

Tous LoveMe The Emerald Elixir Tous LoveMe The Emerald Elixir
Memadukan aroma fruity dengan floral bukanlah hal yang baru. Parfum floral fruity telah membanjiri pasar sejak pertengahan tahun 1990-an, karena kenaikan jumlah pengguna parfum di kalangan muda yang menyukai aroma segar, ringan, sekaligus manis dan ceria. 

Sejauh ini ada lebih dari 9 ribu parfum dengan aroma floral fruity yang beredar di pasaran, menurut data situs Fragrantica.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com