Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliki Masalah Kulit Beragam, 5 Sekawan Ini Dirikan Produk Skincare

Kompas.com - 30/04/2024, 18:28 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berawal dari memiliki permasalahan kulit wajah yang beragam, mulai dari kulit kering hingga sensitif, Jessica Anggrainy, Michelle Koesnadi, Melfin Novi Ustaman, Josephine Widira, dan Patricia Stephanie mendirikan Tulus Skin di tahun 2019 dan merilis produk pertama, yakni cleanser atau pembersih wajah.

"Pendiri Tulus Skin memiliki beragam kondisi kulit wajah. Saya pribadi mengalami kulit kering dengan hiperpigmentasi, sementara yang lain memiliki masalah seperti kulit berminyak, berjerawat, atau sensitif," ungkap Jessica Anggrainy, salah satu founder produk skincare Tulus Skin ketika dihubungi Kompas.com, Senin (29/04/2024).

Masalah itu membuat mereka memiliki misi untuk menciptakan skincare yang aman bagi semua jenis kulit, dengan fokus pada permasalahan khusus masing-masing.

"Misi kami adalah menyajikan produk yang didasarkan pada prinsip kejujuran, transparansi, dan kebersihan. Kami berkomitmen untuk jujur dalam formulasi, proses produksi, dan pemasaran yang transparan, tanpa janji-janji berlebihan, serta menggunakan bahan yang aman," lanjut Jessica.

Baca juga: Kulit Kamu Sensitif dan Berjerawat? Hindari Bahan Skincare Ini

tulus Balanced Gel CleanserShopee.com tulus Balanced Gel Cleanser

Proses pengembangan produk menjadi poin penting dalam perjalanan Tulus Skin. Mereka menguji coba produk secara menyeluruh, bahkan pada keluarga mereka sendiri.

"Kami, para pendiri, tidak hanya mencoba produk kami sendiri, tetapi juga melibatkan keluarga kami dalam proses pengujian. Bahkan anak-anak, suami, dan orang tua saya turut serta,” jelas Jessica.

“Kami tidak hanya mencoba sekali, tapi mengobservasi dan merasakan sendiri hasilnya. Kami bahkan pernah mengalami breakout, tetapi demi memastikan keamanan dan kinerja produk, itu adalah langkah yang diperlukan sebelum produk diluncurkan ke pasaran," terangnya.

Perjalanan Tulus Skin tidaklah mudah. Saat pertama kali diluncurkan secara online, tantangan terbesar mereka adalah meyakinkan calon konsumen yang hanya melihat produk melalui internet untuk membelinya.

“Karena kita pertama launching secara online bukan offline apalagi mengadakan event yang besar. Tantangan terbesar yaitu meyakinkan orang yang cuma baca dari internet untuk belanja produk kami,” ujarnya.

Baca juga: Perlunya Konsultasi Sebelum Membeli Produk Skincare

Namun, dengan ketekunan dan strategi yang matang, mereka berhasil menjangkau lebih banyak orang.

“Dari situ kita belajar kalau kita nggak bisa mengedukasi dari platform kita aja. Akhirnya kita kasih produk kita ke orang-orang, kasih ke teman-teman, ke keluarga. Kita juga bayar influencer untuk review produk kita karena kita butuh mereka untuk menyebarkan mengenai Tulus Skin,” terang Jessica.

Kini, Tulus Skin telah melangkah lebih jauh dengan menghadirkan berbagai produk perawatan kulit, mulai dari face wash, toner, serum, sunscreen, hingga moisturizer.

Meskipun penjualan masih difokuskan secara online, produk-produk Tulus Skin telah tersedia di berbagai platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan TikTok Shop, serta melalui website resmi mereka sendiri.

Baca juga: Kandungan Skincare yang Bisa Dipakai Bersamaan untuk Hasil Maksimal

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com