Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan saat Mencukur Bulu Ketiak yang Kerap Terjadi 

Kompas.com - 15/05/2024, 18:31 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Mencukur bulu ketiak merupakan rutinitas yang kerap dilakukan oleh laki-laki dan perempuan. Sebab, bulu ketiak dianggap mengganggu penampilan bagi sebagian orang. 

Mencukur bulu ketiak dinilai lebih praktis dan mudah dilakukan ketimbang metode lainnya seperti waxing dan laser. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami 

Namun demikian, ada sejumlah aturan mencukur bulu ketiak yang perlu diketahui. Sebab, kesalahan saat mencukur bulu ketiak berisiko menyebabkan iritasi, ketiak gelap, luka, dan infeksi. 

Kesalahan saat mencukur bulu ketiak 

Berikut sejumlah kesalahan saat mencukur bulu ketiak yang kerap terjadi, seperti dilansir dari Healthline dan Be Beautiful. 

Ilustrasi bulu ketiak dicukur atau dicabut, mana yang lebih sehat?Shutterstock/Boszyy Artist Ilustrasi bulu ketiak dicukur atau dicabut, mana yang lebih sehat?

1. Tidak melakukan eksfoliasi 

Sebelum mencukur bulu ketiak, sebaiknya lakukan eksfoliasi pada kulit. Langkah ini, dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat proses mencukur bulu ketiak lebih halus dan rapi. 

Selain itu, eksfoliasi sebelum mencukur bulu ketiak dapat mencegah rambut tumbuh ke dalam. Disarankan untuk melakukan eksfoliasi beberapa hari sebelum mencukur bulu ketiak. 

2. Pakai pisau cukur tumpul 

Menggunakan pisau cukur tumpul kurang efektif saat mencukur bulu ketiak. Selain itu, pisau cukur tumpul yang sudah dipakai dalam jangka waktu lama rentan dipenuhi bakteri. 

Kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi pada area ketiak. Sebaiknya, pilih pisau cukur yang tajam saat membersihkan bulu ketiak.

Namun, kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakan pisau cukur tajam. Gunakan pisau cukur dengan gerakan yang lembut dan lambat saat membersihkan bulu ketiak. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Permanen? 

3. Mencukur secara berlebihan 

Sebagian perempuan sering mencukur bulu ketiak untuk menjaga penampilan. Padahal, mencukur terlalu sering justru berisiko seperti membuat kulit terasa kering, sensitif, dan menghilangkan lapisan pelindung kulit. 

Terlebih, kulit ketiak merupakan bagian yang cukup halus dan lembut. Oleh sebab itu, sebaiknya mencukur bulu ketiak hanya jika diperlukan atau saat dirasa tidak nyaman.

4. Pola cukur salah

Pastikan kamu sudah mengetahui pola mencukur bulu ketiak dengan benar untuk menghindari gesekan yang bisa menimbulkan iritasi. 

Teknik mencukur bulu ketiak yang benar adalah menggunakan pola X. Sebab, bulu ketiak tidak tumbuh ke satu arah. 

Pertama, kencangkan kulit area ketiak dengan menarik lengan ke atas. Kemudian, cukur bulu ketiak dengan arah bervariasi seperti huruf X atau menyilang. 

Baca juga: 8 Cara Mencerahkan Ketiak Gelap Pakai Bahan Alami, Mudah dan Murah 

5. Tidak mengoleskan pelembab 

Tidak mengoleskan pelembab setelah mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan iritasi. Jadi, upayakan mengoleskan pelembab usai mencukur bulu ketiak sehingga kulit tetap terhidrasi. 

Selain itu, mengoleskan pelembab dapat membantu menenangkan kulit ketiak. Pilih ketiak yang bebas alkohol.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com