Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2024, 19:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Sebagian perempuan merasa tidak percaya diri dengan kehadiran bulu ketiak sehingga mencari beragam cara untuk menghilangkannya. Sebab, bulu ketiak dianggap menganggu penampilan, utamanya saat mengenakan busana yang terbuka di bagian lengan. 

Menghilangkan bulu ketiak secara permanen hanya dapat dilakukan melalui tindakan perawatan profesional. Bagi yang menghindari perawatan profesional, ada sejumlah cara menghilangkan bulu ketiak secara alami. 

Baca juga: Apakah Kopi Dapat Menghilangkan Bulu Ketiak? 

Namun demikian, cara menghilangkan bulu ketiak secara alami cenderung tidak bersifat permanen, sehingga butuh pemakaian rutin secara berkala. 

Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami 

Berikut cara menghilangkan bulu ketiak secara alami seperti dilansir dari Byrdie. Metode ini bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai di sekitar. 

Selain bulu ketiak, metode ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bulu tubuh lainnya seperti bulu kaki dan tangan. 

Ilustrasi ketiak tanpa rambutShutterstock/Nelen Ilustrasi ketiak tanpa rambut

1. Sugaring 

Sugaring merupakan teknik lama untuk menghilangkan bulu tubuh secara alami. Rachel Nazarian, Dokter Kulit di Schweiger Dermatology, New York, mengatakan campuran sugaring antara lain gula, air lemon, dan air. 

“Campurannya sebagian besar adalah gula, biasanya sekitar satu cangkir, dua sendok teh perasan air lemon, dan dua sendok teh air,” kata Nazarian dilansir dari Byrdie

Rebus campuran tersebut hingga berubah warna menjadi coklat tua, lalu angkat dan biarkan dingin selama 30 menit. Kemudian, oleskan masker sugaring ke bagian tubuh yang diinginkan, seperti ketiak, kaki, dan lengan. 

Setelah didiamkan sejenak, angkat masker dan bilas bagian tubuh yang diolesi masker untuk membersihkan sisa-sisanya. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Permanen? 

2. Kunyit 

Ilustrasi kunyit, cara menghilangkan bulu ketiak secara alami
iStockPhoto/AD077 Ilustrasi kunyit, cara menghilangkan bulu ketiak secara alami

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat, termasuk mengurangi dan menghilangkan bulu tubuh. 

Kandungan dalam kunyit dapat melemahkan akar rambut sehingga memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhannya. Keuntungan menggunakan kunyit lainnya yakni tidak menyebabkan iritasi, mudah, murah, dan dapat mencerahkan ketiak hitam. 

“Kamu bisa menggunakan kunyit untuk menghilangkan bulu wajah dan mengurangi laju pertumbuhan rambut,” ujar Annie Gonzalez, Dokter Kulit di Riverchase Dermatology, Miami dalam Byrdie.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan membuat masker kunyit dengan sejumlah campuran, seperti susu, yogurt, dan air mawar. Campurkan semua bahan, kemudian oleskan pada area tubuh yang diinginkan. Diamkan beberapa saat hingga kering, kemudian bilas pakai air hangat. 

Baca juga: Mengintip Manfaat Deodorant Berbahan Dasar Alami untuk Ketiak

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com