Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2023, 11:10 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Hampir setengah dari seluruh populasi dunia diyakini akan mengalami ketombe setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Ketombe ini bisa dikenali dengan adanya serpihan kulit putih yang rontok dari kulit kepala dan terasa sangat gatal.

Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kulit kering, dermatitis seboroik, sensitivitas terhadap produk rambut, pertumbuhan ragi Malassezia yang merupakan sejenis jamur.

Meskipun ada banyak produk yang dijual bebas yang dirancang untuk mengobati ketombe, tapi ada pengobatan alami yang memiliki efektivitas yang sama dengan produk obat penghilang ketombe.

Baca juga: 5 Penyebab Ketombe Paling Umum, Bukan Cuma karena Salah Sampo

Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe. Meski begitu minyak ini lebih dulu dikenal sebagai obat jerawat.

Penelitian menunjukkan minyak tea tree efektif mengatasi jamur Malazessia yang bisa jadi penyebab ketombe. Kita bisa mengoleskan tisu yang telah direndam ke tea tree oil ke bagian kulit kepala.

Penting untuk diingat bahwa tea tree oil dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, sehingga disarankan untuk mencampurnya dengan beberapa tetes minyak lainnya seperti jojoba atau minyak kelapa sebelum menggunakan tea tree oil langsung pada kulit kepala.

Baca juga: 6 Kebiasaan Penyebab Ketombe Sulit Hilang

Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya yang dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk ketombe.

Berdasarkan penelitian, minyak kelapa memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelembapan kulit, mencegah kekeringan, dan mengurangi peradangan ketika digunakan sebagai pelembab.

Sebuah studi yang dilakukan selama 8 minggu menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa pada kulit dapat mengurangi gejala dermatitis atopik sebanyak 68 persen.

Minyak kelapa dan senyawanya juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dalam penelitian laboratorium. Meski demikian, efek minyak kelapa terhadap jenis jamur tertentu yang menyebabkan ketombe masih perlu diteliti lebih lanjut.

Ilustrasi cara menggunakan lidah buaya untuk wajah.Freepik/Racool_studio Ilustrasi cara menggunakan lidah buaya untuk wajah.

Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam salep kulit, produk kosmetik, dan lotion.

Ketika dioleskan pada kulit, lidah buaya dapat berperan dalam pengobatan berbagai kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis, dan luka dingin.

Hasil ulasan lama menunjukkan bahwa sifat antibakteri dan antijamur dari lidah buaya dapat membantu melindungi kulit dari ketombe.

Baca juga: 4 Efek Samping Lidah Buaya untuk Wajah, Kenali Cara Tepat Menggunakannya!

Meminimalkan  stres

Meskipun stres itu sendiri bukan penyebab langsung ketombe, stres dapat memperburuk gejalanya, seperti rasa kekeringan dan gatal-gatal di kulit kepala.

Dalam penelitian lain yang melibatkan 166 individu dengan dermatitis seboroik, sekitar 28% dari mereka melaporkan bahwa stres merupakan faktor pemicu gejala dermatitis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com