Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Bahan Alami di Rumah yang Dapat Mengatasi Masalah Jerawat

Kompas.com - 07/12/2023, 12:22 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat, juga dikenal sebagai acne vulgaris, adalah kondisi kulit yang umum terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, atau bakteri.

Hal ini dapat dipicu oleh perubahan hormon, keringat berlebih, produk kosmetik berminyak, stres, dan efek samping obat-obatan tertentu.

Untuk mengatasi jerawat, banyak orang mencoba pengobatan rumahan yang alami, seperti masker wajah buatan sendiri (DIY), suplemen vitamin, hingga perubahan gaya hidup.

Baca juga: 10 Jenis Jerawat, Ciri dan Cara Mengobatinya

Pengobatan alami dapat membantu mengobati maupun mencegah komedo putih dan komedo hitam. Namun, tidak mengobati jerawat kistik yang dalam dan menyakitkan.

Bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat

Dilansir dari laman Very Well Health, berikut 10 bahan alami di rumah yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

1. Madu

Madu telah lama digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi kulit karena sifat antimikroba dan antiinflamasi, serta kemampuannya untuk mempercepat proses perbaikan luka.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa campuran madu dan ekstrak kayu manis dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri penyebab jerawat.

Beberapa orang juga menggunakan madu sebagai pengobatan spot untuk jerawat yang membandel.

Ada pula yang mengombinasikannya dengan bahan-bahan seperti oatmeal, jus lemon, kayu manis, atau lidah buaya untuk membuat masker wajah anti jerawat buatan sendiri. Madu manuka sangat populer sebagai obat jerawat alami.

2. Timun

Timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, menjadikannya pilihan yang baik untuk memberikan hidrasi yang menenangkan bagi orang yang berjerawat dan kulit kombinasi atau kering.

Irisan atau jus timun dapat dioleskan langsung ke area kulit yang terkena jerawat untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Selain itu, timun juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain, seperti madu atau oatmeal, sebagai masker wajah.

Baca juga: 7 Perawatan Sederhana Hilangkan Jerawat Hormonal

3. Minyak tea tree

Minyak tea tree adalah minyak esensial yang dapat diekstrak dari daun pohon Melaleuca alternifolia yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Minyak ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun untuk mengobati jerawat ringan, seperti papula dan pustula.

Minyak tea tree yang diencerkan dapat langsung dioleskan ke area kulit yang berjerawat. Banyak orang juga menggunakan masker dan pembersih minyak tea tree untuk meminimalkan munculnya jerawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com