Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mencerahkan Ketiak Gelap Pakai Bahan Alami, Mudah dan Murah 

Kompas.com - 07/05/2024, 13:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Ketiak gelap kerap kali menganggu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara untuk mencerahkan ketiak gelap.

Ada sejumlah cara mengatasi ketiak hitam. Kamu bisa melakukan perawatan medis, seperti laser maupun menggunakan bahan-bahan alami. 

Baca juga: Mengintip Manfaat Deodorant Berbahan Dasar Alami untuk Ketiak

Nah, jika kamu tertarik untuk mencerahkan ketiak gelap secara alami, simak informasi berikut ini seperti dihimpun dari Healthline dan Be Beautiful. Perlu diingat, mengatasi ketiak hitam membutuhkan perawatan rutin dan proses yang cukup memakan waktu. 

Mengatasi ketiak gelap secara alami 

1. Minyak zaitun 

Ilustrasi minyak zaitunUnsplash Ilustrasi minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang sehat, sehingga punya segudang manfaat untuk kulit. Termasuk, mencerahkan ketiak gelap. 

Caranya, cukup oleskan minyak zaitun di area ketiak, kemudian pijat perlahan selama 5-10 menit. Diamkan sejenak, kemudian bilas dengan air hangat. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat scrub dari campuran minyak zaitun dan brown sugar. Campurkan satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan brown sugar. 

Kemudian, gosokkan secara perlahan campuran scrub tersebut di area ketiak. Diamkan sejenak, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga membuahkan hasil ketiak yang lebih cerah. 

2. Tea tree oil 

Selain minyak zaitun, bahan alami lainnya yang dapat dipakai untuk mencerahkan ketiak adalah tea tree oil atau dikenal sebagai minyak melaleuca. Tidak hanya efektif mencerahkan ketiak gelap, tea tree oil juga dapat mengurangi bau badan tak sedap. 

Sifat anti mikroba dalam tea tree oil dapat memerangi mikroba yang menyebabkan bau tidak sedap. 

Caranya, campurkan lima tetes tea tree oil dengan delapan ons air dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan cairan tea tree oil tersebut lalu biarkan mengering secara alami. Ulangi secara rutin hingga ketiak lebih cerah. 

Baca juga: Apakah Kita Perlu Melakukan Detoks Ketiak?

3. Lemon 

Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mencerahkan ketiak gelapPIXABAY/STEVE BUISSINNE Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mencerahkan ketiak gelap

Lemon merupakan bahan pemutih alami, sebab mengandung asam sitrat yang tinggi. Kandungan asam sitrat tersebut dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit, termasuk area ketiak. 

Caranya pun sangat mudah. Iris lemon menjadi beberapa potong, kemudian gosok perlahan pada ketiak. 

Setelah didiamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Oleskan pelembap pada area ketiak, usai dikeringkan. Ulangi proses ini, sekitar tiga kali dalam seminggu dan dapatkan ketiak lebih cerah. 

4. Aloe vera 

Ilustrasi lidah buaya untuk mengatasi ketiak gelapSHUTTERSTOCK/SOMMAI Ilustrasi lidah buaya untuk mengatasi ketiak gelap

Aloe vera atau daun lidah buaya mengandung sifat anti bakteri yang membantu menenangkan dan mencerahkan kulit, termasuk area ketiak. 

Caranya, potong daun lidah buaya segar, kemudian ambil gel bening di dalamnya. Oleskan gel bening tersebut di area ketiak dan pijat secara perlahan. 

Diamkan sekitar 20 menit hingga mengering. Lalu, bilas dengan air hangat. Ulangi proses ini setiap hari agar mendapatkan ketiak yang lebih cerah. 

Baca juga: 4 Kebiasaan Penting agar Kulit Ketiak Lebih Mulus

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com